Pengembangan Buku Panduan Berlandaskan Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Guna Meningkatkan Percaya Diri Siswa

Mukhtar Al-Fithry, Muhammad (2025) Pengembangan Buku Panduan Berlandaskan Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Guna Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (928kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (262kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (305kB)
[img] Text (BAB II LANDASAN TEORI)
BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian penelitian ini berfokus pada pengembangan buku panduan berbasis konseling behavioral dengan teknik modeling guna membuat siswa semakin percaya diri. Penelitian ini menerapkan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4D. Analisis data dilakukan melalui metode Content Validity Ratio yang melibatkan lima ahli di bidang bimbingan konseling sebagai subjek validasi. Uji kepraktisan melibatkan 10 guru BK, dan uji efektivitas dilakukan pada 10 siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa buku panduan yang dikembangkan memperoleh skor validasi isi dan nilai Content Validity Index sebesar 1, yang mengindikasikan bahwa buku panduan tersebut memiliki tingkat validitas isi kategori sangat baik. Skor kepraktisan buku panduan mencapai 88, yang berarti buku ini termasuk dalam kategori sangat praktis. Selain itu, uji efektivitas dengan menghitung effect size (ES) menghasilkan nilai sebesar 1,87, yang masuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Buku Panduan, Konseling Behavioral, Teknik Modeling, Percaya Diri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Muhammad Mukhtar Al-Fithry
Date Deposited: 23 Jun 2025 02:56
Last Modified: 23 Jun 2025 02:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24661

Actions (login required)

View Item View Item