Wulandari, Ni Made Eva (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS KOOPERATIF THINK PAIR SHARE MATERI KELUARGAKU UNIK MUATAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS II SD NEGERI 1 KEROBOKAN KAJA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031075-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031075-ABSTRAK.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031075-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (398kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031075-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (570kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031075-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (928kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031075-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031075-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031075-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (366kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031075-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini didasari atas permasalahan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran oleh guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas dan hanya berpedoman pada LKS dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga menyebabkan proses pembelajaran berjalan kurang efektif sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini, yakni untuk (1) mengetahui rancang bangun media flipbook, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran flipbook, (3) mengetahui efektivitas dari media pembelajaran flipbook. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu 28 siswa kelas II sekolah dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Rancang bangun media flipbook berbasis kooperatif think pair share dilengkapi dengan komponen petunjuk penggunaan, materi beserta contohnya (teks dan gambar), evaluasi, dan profil pengembang yang digambarkan melalui flowchart, storybord, dan diagram alir yang menggambarkan alur model ADDIE. (2) Hasil uji kelayakan media flipbook menunjukkan bahwa media flipbook layak digunakan dalam proses pembelajaran berdasarkan: (a) Hasil review dari ahli isi/materi pembelajaran mendapatkan hasil sebesar 94,22% (sangat baik), (b) hasil review dari ahli desain instruksional mendapatkan hasil sebesar 93,42% (sangat baik), (c) review dari ahli media pembelajaran mendapatkan hasil sebesar 93,75% (sangat baik), (d) uji coba perorangan mendapatkan hasil sebesar 93,33% (sangat baik), dan (e) uji coba kelompok kecil mendapatkan hasil sebesar 95% (sangat baik). (3) Hasil uji efektivitas memperoleh nilai thitung = 21,712, kemudian dibandingkan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% untuk dk = n-1 = 28-1 = 27 yaitu 1,703. Hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung = 21,712 > ttabel =1,703, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, artinya bahwa rata-rata hasil post-test siswa setelah menggunakan media flipbook lebih dari nilai KKTP siswa (89,6 > 66), sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook berbasis kooperatif think pair share efektif diterapkan dalam proses pembelajaran materi keluargaku unik pada muatan Bahasa Indonesia kelas II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Flipbook, Kooperatif tipe Think Pair Share, Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Eva Wulandari |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 06:22 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 06:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24682 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |