Marantika, Ni Made Siska Widya (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA PERAHU PENGAPIT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN SISWA KELAS IV GUGUS VIII MENGWI TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031002-COVER.pdf Download (771kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031002-ABSTRAK.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (378kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (551kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (593kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (522kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENTUUP)
2111031002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (373kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031002-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Rendahnya penguasaan konsep pembagian pada siswa kelas IV SD menunjukkan perlunya penerapan model pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Talking Stick yang dibantu dengan media perahu pengapit dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pembagian di kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian 199 siswa kelas IV SD, sampel 49 siswa dari dua kelas terpilih lewat cluster random sampling setelah uji kesetaraan awal dengan Anava satu jalur. Statistik deskriptif dan uji-t dua sampel bebas digunakan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa dengan pengujian prasyarat normalitas dan homogenitas pada signifikansi 5%. Hasil uji-t menunjukkan thitung 5,00 > ttabel 2,01 pada signifikansi 5%, sehingga terdapat perbedaan signifikan hasil belajar matematika antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Kesimpulannya, model pembelajaran Talking Stick berbantuan media perahu pengapit efektif meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD. Implikasinya, guru dapat mengadopsi model dan media pembelajaran tersebut untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar matematika secara lebih interaktif dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Model Talking Stick, Media Perahu Pengapit, Hasil Belajar, Pembagian, Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Siska Widya Marantika |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 06:25 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 06:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24687 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |