PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KECAKAPAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS KOMPYANG SUJANA TAHUN AJARAN 2024/2025

Indraswari, Ayu Putri (2025) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KECAKAPAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS KOMPYANG SUJANA TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031152-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031152-ABSTRAK.pdf

Download (640kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031152-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (575kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031152-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031152-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (941kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031152-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (909kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031152-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031152-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (568kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031152-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Inkuiri Terbimbing terhadap kecakapan Matematika siswa kelas V SD Gugus Kompyang Sujana tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 360 seluruh siswa kelas V SD Gugus Kompyang Sujana. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas V SD Negeri 8 Peguyangan sebagai kelas Eksperimen dengan jumlah siswa 30 orang dan siswa kelas V SD Negeri 4 Peguyangan sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 31 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes esai. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis uji-t. Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata nilai pre-test pada kelompok eksperimen 49,17 yang berada pada kategori rendah, dan rata-rata nilai pre-test pada kelompok kontrol 46,55 yang berada pada kategori rendah. Rata-rata post-test kelompok eksperimen 83,00 yang berada pada kategori tinggi, sedangkan rata-rata post-test kelompok kontrol 67,81 yang berada pada kategori cukup. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 7,08 dan ttabel = 2,001 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = (30 + 31) – 2 = 59. Hal ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel (7,08 > 2,001) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka terdapat perbedaan yang signifikan kecakapan matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model Inkuiri Terbimbing dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model Inkuiri Terbimbing. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Inkuiri Terbimbing memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kecakapan matematika siswa kelas V SD Gugus Kompyang Sujana Tahun Ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Kecakapan Matematika, Siswa Kelas V SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ayu Putri Indraswari
Date Deposited: 23 Jun 2025 06:29
Last Modified: 23 Jun 2025 06:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24689

Actions (login required)

View Item View Item