Melia, Katarina (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATAN MOTIVASI DAN LITERASI KEUANGAN SISWA DI SMA NEGERI 1 GIANYAR. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2329091003 - COVER.pdf Download (538kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329091003-ABSTRAK.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329091003- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (460kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329091003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329091003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (826kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329091003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329091003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329091003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329091003-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Melia Indah Sari, Katarina. 2025. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Literasi Keuangan Siswa Di SMA Negeri 1 Gianyar. Tesis. Singaraja : Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: Prof. Dr. I Putu Sriartha, M.S. dan Prof. Dr. I Nengah Suastika, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Media pembelajaran, Video Animasi, Motivasi, dan Literasi Keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran video animasi yang valid dan praktis, dan (2) menganalisis efektivitas media pembelajaran video animasi dalam meningkatkan motivasi belajar dan literasi keuangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan model 4-P yang terdiri dari empat tahap yaitu Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan, dan Penyebaran. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Gianyar pada tahun ajaran 2024/2025 yang terdiri 12 kelas. Sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol ditetapkan dengan teknik random sampling sederhana dari pasangan kelas yang setara berdasarkan hasil uji kesetaraan kelas yang dilakukan sebelumnya. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket dan tes dan dianalisis dengan menggunakan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media pembelajaran video animasi yang dikembangkan memiliki kevalidan tinggi dari segi tampilan media, kevalidan tinggi dari segi materi dan tergolong kevalidan tinggi dari segi kebahasaan. Kepraktisan produk media pembelajaran video animasi tergolong sangat praktis sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran video animasi efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dengan nilai sebesar 72,63% dan efektif dalam meningkatkan literasi keuangan siswa ditunjukkan oleh skor n-gain ternormalisasi di kelas eksperimen lebih tinggi dengan nilai 0,54 dengan kategori sedang dibandingkan dengan nilai n-gain dikelas kontrol mencapai nilai 0,24 dengan kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan guru dapat menggunakan media pembelajaran video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar dan literasi keuangan siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, Video Animasi, Motivasi, dan Literasi Keuangan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2) |
Depositing User: | KATARINA MELIA INDAH SARI |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 05:08 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 05:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24700 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |