Ratnadita, Ni Putu Indira (2025) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SD NEGERI 2 DAUHWARU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031436-COVER.pdf Download (944kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031436-ABSTRAK.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031436-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031436-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031436-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031436-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031436-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031436-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031436-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan rancang bangun media video animasi; (2) mendeskripsikan validitas media video animasi; (3) mendeskripsikan kepraktisan media video animasi; (4) mendeskripsikan efektivitas media video animasi. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu (1) tahap analisis, (2) tahap perancangan, (3) tahap pengembangan, (4) tahap implementasi, (4) tahap evaluasi. Subjek dari penelitian pengembangan ini adalah ahli materi, ahli media, guru, dan siswa. Sedangkan objeknya validitas, kepraktisan, dan efektivitas media video animasi yang sudah dikembangkan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validitas produk yang sudah diuji oleh ahli media dan ahli materi memperoleh skor sebanyak 4,8 dengan kategori sangat baik, sehingga media ini dikatakan valid dan layak untuk digunakan; (2) kepraktisan media berdasarkan respon guru dan memperoleh skor sebanyak 94,17%, sedangkan skor yang diperoleh dari respon siswa sebanyak 98% dengan kategori sangat praktis; (3) Media pembelajaran video animasi juga terbukti efektif untuk digunakan hal ini dibuktikan dari hasil uji-t yang signifikan dengan nilai Sig, (2-tailed) sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05. Berdasarkan temuan tersebut penelitian ini memberikan implikasi terhadap pengembangan media pembelajaran yang lebih inovatif di era digital.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Animasi, Tri Hita Karana, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Indira Ratnadita |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 01:43 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 01:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24714 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |