PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI BANGUN DATAR MUATAN MATEMATIKA KELAS V SD N 2 TEMBUKU

Ardiani, Ni Nyoman Luh (2025) PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI BANGUN DATAR MUATAN MATEMATIKA KELAS V SD N 2 TEMBUKU. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031450-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031450-ABSTRAK.pdf

Download (588kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031450-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (385kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031450-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031450-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031450-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031450-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031450-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (360kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031450-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, kelayakan, dan efektivitas dari media powerpoint interaktif berbasis problem based learning materi bangun datar muatan matematika di SD N 2 Tembuku. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metodo tes dan angket/kuisioner. Hasil penelitian ini melalui beberapa tahapan yaitu: rancang bangun berupa media digital interaktif dalam bentuk media powerpoint interaktif berbasis problem based learning untuk membelajarkan siswa mengenai muatan matematika, kelayakan media powerpoint interaktif berbasis problem based learning materi bangun datar muatan matematika didapatkan setelah mendapatkan review atau penilaian dari para ahli dan uji coba produk, berdasarkan dari hasil penelitian diperoleh yaitu hasil penilaian ahli rancang bangun media sebesar 93,75%, hasil penilaian uji isi/materi pembelajaran sebesar 96,87%, hasil penilaian uji desain pembelajaran sebesar 87,5%, hasil uji media pembelajaran sebesar 90%, hasil uji perorangan sebesar 93,74% dan hasil uji kelompok kecil sebesar 93,23%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut media powerpoint interaktif berbasis problem based learning materi bangun datar muatan matematika berada dalam kategori layak untuk digunakan. Efektivitas media powerpoint interaktif berbasis problem based learning materi bangun datar muatan matematika berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji-t satu sampel memperoleh hasil nilai t_hitung = 4.43. Harga t_hitung tersebut dibandingkan dengan harga t_tabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = (n-1) = 18-1 = 2.11. hasil uji-t ini menunjukan bahwa t_hitung= 4.43 > t_tabel= 2.1, maka dari itu H_0 ditolak dan H_1 diterima. Rerata post-test diperoleh sebesar 85,2 sedangkan nilai KKTP sebesar 75, ini artinya bahwa media powerpoint interaktif berbasis problem based learning materi bangun datar muatan matematika efektif digunakan pada siswa kelas V SD N 2 Tembuku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: ADDIE, Media interaktif berbasis problem based learning, Bangun datar, Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Luh Ardiani
Date Deposited: 24 Jun 2025 01:45
Last Modified: 24 Jun 2025 01:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24722

Actions (login required)

View Item View Item