Ardiani, Ni Nyoman Luh (2025) PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI BANGUN DATAR MUATAN MATEMATIKA KELAS V SD N 2 TEMBUKU. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031450-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031450-ABSTRAK.pdf Download (588kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031450-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (385kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031450-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (684kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031450-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (712kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031450-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031450-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031450-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (360kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031450-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, kelayakan, dan efektivitas dari media powerpoint interaktif berbasis problem based learning materi bangun datar muatan matematika di SD N 2 Tembuku. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metodo tes dan angket/kuisioner. Hasil penelitian ini melalui beberapa tahapan yaitu: rancang bangun berupa media digital interaktif dalam bentuk media powerpoint interaktif berbasis problem based learning untuk membelajarkan siswa mengenai muatan matematika, kelayakan media powerpoint interaktif berbasis problem based learning materi bangun datar muatan matematika didapatkan setelah mendapatkan review atau penilaian dari para ahli dan uji coba produk, berdasarkan dari hasil penelitian diperoleh yaitu hasil penilaian ahli rancang bangun media sebesar 93,75%, hasil penilaian uji isi/materi pembelajaran sebesar 96,87%, hasil penilaian uji desain pembelajaran sebesar 87,5%, hasil uji media pembelajaran sebesar 90%, hasil uji perorangan sebesar 93,74% dan hasil uji kelompok kecil sebesar 93,23%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut media powerpoint interaktif berbasis problem based learning materi bangun datar muatan matematika berada dalam kategori layak untuk digunakan. Efektivitas media powerpoint interaktif berbasis problem based learning materi bangun datar muatan matematika berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji-t satu sampel memperoleh hasil nilai t_hitung = 4.43. Harga t_hitung tersebut dibandingkan dengan harga t_tabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = (n-1) = 18-1 = 2.11. hasil uji-t ini menunjukan bahwa t_hitung= 4.43 > t_tabel= 2.1, maka dari itu H_0 ditolak dan H_1 diterima. Rerata post-test diperoleh sebesar 85,2 sedangkan nilai KKTP sebesar 75, ini artinya bahwa media powerpoint interaktif berbasis problem based learning materi bangun datar muatan matematika efektif digunakan pada siswa kelas V SD N 2 Tembuku.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: ADDIE, Media interaktif berbasis problem based learning, Bangun datar, Matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Luh Ardiani |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 01:45 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 01:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24722 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |