Dewi, Kadek Lina Puspita (2025) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA READING BOARD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS II SD. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031379-COVER.pdf Download (783kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031379-ABSTRAK.pdf Download (622kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031379-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (557kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031379-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (656kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031379-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (761kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031379-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (871kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031379-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031379-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (555kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031379-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw berbantuan media Reading Board terhadap keterampilan membaca nyaring siswa kelas II SD. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas II SD di Gugus I Kecamatan Busungbiu dengan total 88 siswa. Sampel terdiri dari 35 siswa, yaitu 15 siswa dari SDN 1 Busungbiu sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa dari SDN 3 Busungbiu sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model Kooperatif tipe Jigsaw berbantuan Reading Board, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes membaca nyaring yang mencakup lima aspek: intonasi, ekspresi, artikulasi, pemahaman, serta kecepatan dan kelancaran membaca. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan uji-t independen. Hasil uji menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw berbantuan media Reading Board berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan membaca nyaring siswa. Hasil ini dapat dijadikan acuan dalam pemilihan strategi pembelajaran yang efektif di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Kooperatif tipe Jigsaw, media Reading Board, membaca nyaring, siswa SD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek lina puspita dewi |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 01:49 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 01:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24725 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |