PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU PINTAR ELEKTRONIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM MUATAN MATERI EKONOMI KELAS V SEKOLAH DASAR

Arynata, I Gusti Ngurah Agung Mahadipa (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU PINTAR ELEKTRONIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM MUATAN MATERI EKONOMI KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031337-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031337-ABSTRAK.pdf

Download (279kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031337-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (333kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031337-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031337-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031337-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031337-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031337-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031337-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui rancang bangun media pembelajaran buku pintar elektronik berbasis problem based learning dalam muatan materi ekonomi, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran buku pintar elektronik berbasis problem based learning dalam muatan materi ekonomi kelas V sekolah dasar yang ditinjau dari rancang bangun, isi, desain instruksional, media pembelajaran, uji coba perorangan dan kelompok kecil, (3) mengetahui efektivitas media pembelajaran buku pintar elektronik berbasis problem based learning dalam muatan materi ekonomi kelas V sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda, kuesioner dan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian adalah (1) Rancang bangun media pembelajaran buku pintar elektronik dengan hasil penilaian rancang bangun dari ahli rancang bangun dengan persentase 90,90% yang berada pada kualifikasi (sangat baik). (2) Kelayakan media pembelajaran buku pintar elektronik menunjukkan hasil uji ahli isi muatan pelajaran sebesar 91,66% (sangat baik), uji ahli desain instruksional sebesar 93,75% (sangat baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 91,66% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 98% (sangat baik) dan uji coba kelompok kecil sebesar 95,27% (sangat baik). (3) Efektivitas media pembelajaran buku pintar elektronik berdasarkan uji-t sampel dependent diperoleh thitung sebesar 11,459. Kemudian harga thitung dibandingkan dengan harga ttabel. Harga ttabel untuk dk 18 dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05) adalah 1,734. Hal ini berarti thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran buku pintar elektronik berbasis problem based learning efektif digunakan dalam muatan materi ekonomi kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Buku Pintar Elektronik, Problem Based Learning, Ekonomi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gusti Ngurah Agung Mahadipa Arynata
Date Deposited: 24 Jun 2025 02:43
Last Modified: 24 Jun 2025 02:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24736

Actions (login required)

View Item View Item