ENGLISH TEACHERS’ PERCEPTION AND PRACTICES OF AUTHENTIC ASSESSMENT FOR ASSESSING STUDENTS’ PRODUCTIVE SKILLS AT SMA NEGERI 2 KUTA

Setiawati, Ni Luh Eka (2025) ENGLISH TEACHERS’ PERCEPTION AND PRACTICES OF AUTHENTIC ASSESSMENT FOR ASSESSING STUDENTS’ PRODUCTIVE SKILLS AT SMA NEGERI 2 KUTA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329081042-COVER.pdf

Download (388kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329081042-ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2329081042-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (309kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2329081042-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2329081042-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMABAHASAN)
2329081042-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2329081042-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329081042-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329081042-LAMPIRAN.pdf

Download (454kB)

Abstract

ABSTRAK Eka Setiawati, Ni Luh (2025). English teachers’ perseption and practices of Authentic Assessment for assessing students’ productive skills at SMA Negeri 2 Kuta. Tesis, Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Kata Kunci: persepsi, perencanaan, pelaksanaan, penilaian autentik kemampuan produktif Thesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. Ni Putu Era Marsakawati, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II: Dr. Dewa Putu Ramendra, S.Pd., M.Pd. Sebagai bagian dari proses belajar, mengajar, penilaian autentik dianggap sebagai bagian penting untuk menilai kemampuan berbahasa siswa. Ini mempersiapkan siswa untuk siap menghadapi tantangan dimasa depan dalam kehidupan akademik mereka dimasa depan. Mendukung kebijakan baru Kurukulum Merdeka, guru juga didorong untuk memaksimalkan penerapan penilaian autentik . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana guru mempersepsikan, merancang, dan menerapkan penilaian autentik untuk menilai keterampilan pruduktif siswa dalam Kurikulum Merdeka. Dengan menggunakan studi kasus sebagai desain penelitian, penelitian ini menggunakan analisis tematik sebagai data untuk menginterpretasikan kasus tersebut. 2 orang guru menjadi subjek penelitian dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan tiga instrumen yaitu wawancara, analisis dokumen, dan observasi dimana data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian mengungkapkan persepsi guru dari beberapa aspek yaitu keyakinan, pengetahuan, dan sikap. Umumnya mereka menganggap penilaian autentik iti penting karena memengaruhi perencanaan dan praktik penilaian autentik, dan mereka percaya bahwa penilaian autentik dapat mengembangkan keterampilan produktif siswa. Kemudian dilakukan identifikasi perencanaan dan pelaksanaan dan hasilnya menunjukkan ada beberapa tahapan yang dilakukan dalam perencanaan penilaian autentik untuk penilaian keterampilan pruduktif siswa. Selanjutnya guru menerapkan penilaian autentik dengan menerapkan beberapa teknik penilaian kemampuan produktif siswa berdasarkan materi autentik dan strategi yang dirancang dalam kurikulum merdeka. Temuan lain menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara persepsi, perencanaan, dan pelaksanaan penilaian autentik untuk menilai keterampilan produktif siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kesempatan untuk umpan balik penting dan refleksi diri bagi guru, pembuat kebijakan, dan pengembang kurikulum untuk meningkatkan pengetahuan pedagogis mereka dalam menilai keterampilan produktif siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: persepsi, perencanaan, pelaksanaan, penilaian autentik kemampuan produktif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Ni Luh Eka Setiawati
Date Deposited: 24 Jun 2025 06:25
Last Modified: 24 Jun 2025 06:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24744

Actions (login required)

View Item View Item