PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TARI BAMBU BERBANTUAN MEDIA AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA KELAS IV SD GUGUS VII GIANYAR TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Winata, I Komang Sukma Adi (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TARI BAMBU BERBANTUAN MEDIA AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA KELAS IV SD GUGUS VII GIANYAR TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031432-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031432-ABSTRAK.pdf

Download (323kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031432-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (339kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031432-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031432-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031432-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031432-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031432-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031432-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pengimplementasian sikap sosial dalam pendidikan ditunjukkan dengan interaksi yang dilakukan siswa dengan guru dan teman sebayanya. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, generasi muda saat ini justru menunjukkan bahwa sikap sosial mereka mulai menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu berbantuan media augmented reality (AR) terhadap sikap sosial siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment), dengan desain non-equivalent post test only control group design. Populasi penelitian ini merupakan siswa kelas IV SD Gugus VII Gianyar yang berjumlah 163 orang. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode non-tes dengan rubrik bantu observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan statistik inferensial (uji-t). Pengujian hipotesis melalui perhitungan uji-t dengan taraf signifikan 0,5 memperoleh hasil thitung = 2,041633 dan ttabel = 1,688. Diperoleh hasil thitung > ttabel (2041633 > 1,688) sehingga terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu berbantuan media augmented reality (AR) terhadap sikap sosial siswa kelas IV. Implikasi penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu berbantuan media augmented reality (AR) dapat menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan toleran sehingga meningkatkan pemahaman siswa mengenai nilai-nilai sikap sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu, augmented reality (AR), sikap sosial.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Komang Sukma Adi Winata
Date Deposited: 24 Jun 2025 09:32
Last Modified: 24 Jun 2025 09:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24775

Actions (login required)

View Item View Item