Pengembangan Multimedia Interaktif Paralia (Paplajahan Aksara Bali Asyik) Berbasis Kearifan Lokal Pada Mata Pelajaran Bahasa Bali Kelas V

Yasa, Gede Wardana (2025) Pengembangan Multimedia Interaktif Paralia (Paplajahan Aksara Bali Asyik) Berbasis Kearifan Lokal Pada Mata Pelajaran Bahasa Bali Kelas V. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031110-COVER.pdf

Download (857kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031110-ABSTRAK.pdf

Download (238kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031110-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (319kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031110-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031110-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031110-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031110-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031110-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031110-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi atas permasalahan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif oleh guru dalam pembelajaran bahasa Bali. Kondisi tersebut menyebabkan pembelajaran cenderung monoton sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan rancang bangun, validitas, serta efektivitas multimedia interaktif Paralia (paplajahan aksara Bali asyik) berbasis kearifan lokal pada mata pelajaran Bahasa Bali kelas V. Penelitian ini termasuk pada penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yakni, analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek uji coba pada penelitian pengembangan ini terdiri dari 2 ahli materi, 2 ahli media, 3 siswa uji coba perorangan, 9 siswa uji coba kelompok kecil, dan 30 siswa untuk uji efektivitas. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner dan tes, dengan instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes uraian. Teknik analisis data menggunakan analisis analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) rancang bangun multimedia interaktif Paralia berbasis kearifan lokal terdiri dari tampilan awal, menu utama, menu pituduh, menu CP & TP, menu materi, menu latihan, dan menu pangembang (2) multimedia interaktif Paralia berbasis kearifan lokal dinyatakan valid berdasarkan hasil penilaian ahli isi materi sebesar 0,983 dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran media sebesar 0,980 dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan sebesar 95% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil sebesar 93,05% dengan kualifikasi sangat baik, (3) multimedia interaktif Paralia berbasis kearifan lokal efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, multimedia interaktif, aksara Bali, kearifan lokal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Gede Wardana Yasa
Date Deposited: 25 Jun 2025 04:05
Last Modified: 25 Jun 2025 04:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24805

Actions (login required)

View Item View Item