Hikmawati, Nur Aini (2025) EFEKTIVITAS TEORI KONSELING PERILAKU DENGAN TEKNIK KELOLA DIRI UNTUK MEREDUKSI PERILAKU TUNDA DAN PERILAKU EKSHIBISI PADA SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Genesha.
![]() |
Text (COVER)
2329111009-COVER.pdf Download (930kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329111009-ABSTRAK.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329111009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329111009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) | Request a copy |
![]() |
Text (METODELOGI PENELITIAN)
2329111009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (688kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329111009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (609kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329111009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329111009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329111009-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Hikmawati, Nur Aini (2025), Efektivitas Teori Konseling Perilaku dengan Teknik Kelola Diri untuk Mereduksi Perilaku Tunda dan Perilaku Ekshibisi pada Siswa. Tesis, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis, Bimbingan dan Konseling, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Dr. Luh Putu Sri Lestari, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Prof. Dr. I Ketut Dharsana, M.Pd., Kons. Kata Kunci: Perilaku Tunda, Perilaku Ekshibisi, Konseling Perilaku, Kelola Diri Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan apakah layanan teori konseling perilaku dengan teknik kelola diri dapat mereduksi perilaku tunda pada siswa, dan apakah layanan teori konseling perilaku dengan teknik kelola diri dapat mereduksi perilaku ekshibisi pada siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A, B, C di MTs Al-Huda Mannaungi yang berjumlah 90 orang siswa. Prosedur dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian eksperimen semu (quasi-experimental research) dengan desain pretest-posttest control group design. Data dalam penelitian ibi dikumoulkan menggunakan observasi, wawancara, dan kusioner. Data di analisis menggunakan uji manova dengan aplikasi SPSS Statistics 29 for mac. Hasil analsis data menunjukkan bahwa: (1) Untuk variabel perilaku tunda sebesar 0.001 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak yang artinya pelaksanaan konseling perilaku teknik kelola diri secara signifikan efektif untuk menurunkan perilaku tunda. (2) Untuk nilai sig. untuk variabel perilaku ekshibisi sebesar 0.001 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak yang artinya pelaksanaan konseling perilaku teknik kelola diri secara signifikan efektif untuk menurunkan perilaku ekshibisi. (3) Hasil analisis data penelitian pada tabel Multivariate Test diperoleh nilai sig. sebesar 0.001 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak yang artinya pelaksanaan konseling perilaku teknik kelola diri secara simultan efektif berpengaruh terhadap mereduksi perilaku tunda dan perilaku ekshibisi pada siswa. Artikel ini menyarankan agar pihak guru lebih memperhatikan perilaku siswa yang memiliki kecenderungan atau ciri-ciri perilaku tunda dan perilaku ekshibisi pada siswa di sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Tunda, Perilaku Ekshibisi, Konseling Perilaku, Kelola Diri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Bimbingan Konseling (S2) |
Depositing User: | NUR AINI HIKMAWATI |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 00:14 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 00:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24837 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |