Bana, Arny (2025) Efektivitas teori konseling humanistik teknik pembelajaran berbasis bermain (play-based learning) untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan emosi dan komunikasi sosial anak usia dini di The Garden Bali. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329111002-COVER.pdf Download (771kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329111002-ABSTRAK.pdf Download (335kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329111002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (360kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
232911002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
232911002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (896kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329111002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (504kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329111002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329111002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (344kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329111002-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini terletak pada rendahnya kemampuan pengelolaan emosi dan komunikasi sosial anak usia dini, yang berdampak pada keterlambatan perkembangan sosial-emosional mereka di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas teori konseling humanistik dengan teknik play-based learning dalam meningkatkan kemampuan pengelolaan emosi dan komunikasi sosial anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu one group pretest-posttest design. Subjek penelitian berjumlah 15 anak-anak usia dini. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner pengelolaan emosi dan komunikasi sosial yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan uji MANOVA. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada skor kemampuan pengelolaan emosi anak setelah diberikan intervensi (mean posttest 142.33 > pretest 122.60). Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan ini efektif membentuk kemampuan anak mengenali, mengekspresikan, dan mengatur emosinya secara sehat. Sedangkan Skor kemampuan komunikasi sosial meningkat dari 124.80 menjadi 146.40 setelah intervensi. Ini menunjukkan bahwa permainan dan interaksi interpersonal yang dilakukan dalam setting konseling humanistik mampu meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan sosial anak. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan konseling humanistik yang mengintegrasikan prinsip-prinsip bermain secara terarah efektif dalam membentuk keterampilan sosial dan emosional anak usia dini. Implikasi dari penelitian ini mendorong pemanfaatan teknik play-based learning dalam layanan bimbingan dan konseling anak usia dini secara berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak Usia Dini, Komunikasi Sosial, Konseling Humanistik, Pengelolaan Emosi, Play-Based Learning |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Bimbingan Konseling (S2) |
Depositing User: | Arny Bana |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 02:31 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 02:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24849 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |