PENGARUH MODEL QUANTUM TIPE VISUAL AUDITORY KINESTHETIC (VAK) BERBASIS PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV GUGUS VI KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Utaminingsih, Ni Luh Putu Tatwi (2020) PENGARUH MODEL QUANTUM TIPE VISUAL AUDITORY KINESTHETIC (VAK) BERBASIS PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV GUGUS VI KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031177-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031177-ABSTRAK.pdf

Download (319kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031177-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (377kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031177-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031177-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031177-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (887kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031177-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031177-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (353kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031177-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang dikuasai siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil belajar kognitif IPA yang masih rendah, yang disebabkan oleh kebiasaan siswa yang cenderung menghafal dan kurangnya guru melakukan umpan balik serta kurang melakukan penilaian proses. Dari permasalahan tersebut maka pada penelitian ini diberikan solusi dengan menggunakan model quantum tipe VAK berbasis penilaian portofolio. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum tipe VAK berbasis penilaian portofolio terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan non equivalent posttest only group. Pada penelitian ini siswa kelas IV SDN 4 Kampung Baru dengan jumlah 28 siswa dan siswa kelas IV SDN 3 Kampung Baru dengan jumlah 33 sebagai sampel penelitian yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan instrumen tes pilihan ganda. Teknis analisis data yang digunakan adalah uji-t sampel independent. Berdasarkan analisis data terungkap bahwa t hitung yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05). Apabila dilihat dari skor rata-rata kelompok eksperimen yaitu sebesar 25,00 dan kelompok kontrol sebesar 22,62, menunjukkan bahwa model pembelajaran quantum tipe VAK berbasis penilaian portofolio berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: IPA, quantum, VAK, portofolio
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI LUH PUTU TATWI UTAMININGSIH
Date Deposited: 27 Jul 2020 19:53
Last Modified: 27 Jul 2020 19:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2485

Actions (login required)

View Item View Item