Penerapan Model Pembelajaran PBL Berbasis ICT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Passing Bolavoli Pada Peserta Didik Kelas VII-1 SMP Negeri 6 Singaraja Tahun Pelajaran 2024/2025

Gulo, Pengalaman Putra Jaya (2025) Penerapan Model Pembelajaran PBL Berbasis ICT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Passing Bolavoli Pada Peserta Didik Kelas VII-1 SMP Negeri 6 Singaraja Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2116011025-COVER.pdf

Download (693kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2116011025-ABSTRAK.pdf

Download (241kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2116011025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (280kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2116011025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2116011025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2116011025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2116011025-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2116011025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2116011025-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan model pembelajaran PBL berbasis ICT dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, khususnya pada materi passing bolavoli di kelas VII-1 SMP Negeri 6 Singaraja tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari observasi, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Subjek penelitian ini berjumlah 32 orang peserta didik terdiri atas 18 laki-laki dan 14 orang perempuan. Teknik analisa data yang digunakan adalah Deskriptif kuantitatif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar peserta didik. Pada siklus I, kategori ketuntasan hanya 8 orang (25% peserta didik) yang mencapai ketuntasan pada aspek pengetahuan, sementara 14 orang (43,75% peserta didik) mencapai ketuntasan pada keterampilan. Pada siklus II, ketuntasan hasil belajar meningkat pesat, dengan kategori 30 orang (93,75% peserta didik) mencapai ketuntasan pada aspek pengetahuan, dan 29 orang (90,62% peserta didik) pada keterampilan, dengan sebagian besar peserta didik berada pada kategori "Baik" dan "Sangat Baik". Berdasarkan analisa data dan pembahasan simpulan penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbasis ICT efektif dalam meningkatkan hasil belajar PJOK materi passing bolavoli peserta didik kelas VII-1 SMP Negeri 6 Singaraja. Disarankan agar guru PJOK dapat mengimplementasikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis ICT disesuaikan dengan karakteristik sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PBL, ICT, Hasil Belajar, PJOK, Passing Bolavoli
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Pengalaman Putra Jaya Gulo
Date Deposited: 09 Jul 2025 00:48
Last Modified: 09 Jul 2025 00:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25161

Actions (login required)

View Item View Item