PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS VIII.1 SMP LABORATORIUM UNDIKSHA

Suarnadi, Ketut (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS VIII.1 SMP LABORATORIUM UNDIKSHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2114041004-COVER.pdf

Download (528kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2114041004-ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114041004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (120kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114041004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2114041004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114041004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2114041004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114041004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2114041004-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus dari penelitian ini diarahkan pada eksplorasi sejauh mana kontribusi dari penerapan model pembelajaran Project Based Learning terhadap peningkatan capaian belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas VIII.1 SMP Laboratorium Undiksha. Model pembelajaran tersebut dipilih peneliti karena dianggap mampu mendorong partisipasi aktif siswa melalui keterlibatan langsung dalam proyek-proyek yang berkaitan erat dengan materi yang sedang dipelajari. Penelitian ini menggunakan pendekatan Classroom Action Research atau Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus pelaksanaan secara bertahap. Sebagai subjek penelitian, ditetapkan sebanyak 17 siswa dari kelas VIII.1 dengan latar belakang akademik yang beragam. Sedangkan objek penelitiannya adalah capaian hasil belajar siswa yang diukur berdasarkan implementasi model Project Based Learning. Hasil belajar dianalisis melalui tiga aspek utama, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Tahapan penelitian disusun melalui beberapa langkah inti, antara lain: perencanaan tindakan, pelaksanaan kegiatan pembelajaran, observasi langsung di kelas, dan refleksi untuk mengevaluasi kemajuan proses dan hasil tiap siklus tindakan. Dalam proses pengumpulan data, peneliti memanfaatkan berbagai instrumen seperti tes capaian belajar, lembar observasi aktivitas siswa, dan dokumentasi proses pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif untuk menginterpretasikan hasilnya secara mendalam. Dari hasil penelitian diketahui bahwa capaian belajar siswa mengalami peningkatan signifikan setelah melalui dua siklus tindakan. Pada siklus pertama, capaian siswa dalam ranah kognitif tercatat mencapai rata-rata 64,71%, kemudian meningkat menjadi 84,71% pada siklus kedua dan tergolong dalam kategori baik. Aspek afektif atau sikap siswa menunjukkan peningkatan dari 67,65% pada siklus pertama menjadi 80,89% pada siklus kedua, yang juga berada pada kategori baik. Begitu pula pada aspek psikomotorik, rata-rata skor siswa naik dari 68,4% di siklus I menjadi 81,17% pada siklus II, dan termasuk dalam kategori yang sama, yaitu baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Hasil Belajar Siswa, Pendidikan Pancasila.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1)
Depositing User: Ketut Suarnadi
Date Deposited: 04 Jul 2025 04:02
Last Modified: 04 Jul 2025 04:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25210

Actions (login required)

View Item View Item