Wahyuni, I Gusti Ayu Uciary (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN UNO STACKO TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113011016-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113011016-ABSTRAK.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (561kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011016-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011016-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113011016-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Proses pembelajaran matematika yang kurang menekankan pada kegiatan pemecahan masalah diduga menjadi penyebab kemampuan pemecahan masalah matematika siswa tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Uno Stacko terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Singaraja Tahun Ajaran 2024/2025 sebanyak 10 kelas kemudian akan diambil 2 kelas dengan sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Dari hasil pengundian diperoleh kelas VIII 10 sebagai kelas eksperimen yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Uno Stacko dan kelas VIII 1 sebagai kelas kontrol yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif. Data kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diperoleh dari hasil post-test berupa soal uraian dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,803. Uji hipotesis menggunakan uji t dan diperoleh nilai sig. sebesar 0,005 dengan taraf 5% (0,005<0,05) yang artinya H_0 ditolak dan H_1 diterima. Hal ini mengindikasikan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Uno Stacko lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Uno Stacko berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Singaraja pada materi statistika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Uno Stacko, Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Uciary Wahyuni |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 03:31 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 03:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25223 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |