Mona Pasaribu, Noni Linzilah (2025) Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Berbasis Kontekstual pada Muatan Pelajaran IPAS Kelas IV di SD Negeri 2 Penglatan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (1911021040-COVER)
1911021040-COVER.pdf Download (440kB) |
![]() |
Text (1911021040-ABSTRAK)
1911021040-ABSTRAK.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text (1911021040-BAB I PENDAHULUAN)
1911021040-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text (1911021040-BAB II KAJIAN PUSTAKA)
1911021040-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) | Request a copy |
![]() |
Text (1911021040-BAB III METODE PENELITIAN)
1911021040-BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) | Request a copy |
![]() |
Text (1911021040-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1911021040-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (839kB) | Request a copy |
![]() |
Text (1911021040-BAB V PENUTUP)
1911021040-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) | Request a copy |
![]() |
Text (1911021040-DAFTAR PUSTAKA)
1911021040-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text (1911021040-LAMPIRAN)
1911021040-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) merancang bangun media video animasi pembelajaran interaktif berbasis kontekstual; (2) menguji validitanya media; dan (3) menguji efektivitas media terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes hasil belajar. Validitas media diperoleh melalui penilaian dari ahli isi, ahli desain pembelajaran, dan ahli media, serta melalui uji coba perorangan, kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Efektivitas media dianalisis melalui hasil pre-test dan post-test siswa menggunakan uji-t berpasangan. Data dianalisis dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif, dan statistik inferensial untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai kelayakan dan dampak media terhadap hasil belajar. Hasil validasi menunjukkan media sangat layak digunakan, dengan persentase dari ahli isi 94,12%, ahli desain 94,60%, dan ahli media 97,50%; uji coba perorangan rata-rata 96,00%, kelompok kecil 96,89%, dan uji coba lapangan 95,03%. Hasil uji efektivitas menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan, dengan rata-rata selisih -53,409, nilai t -88,224, dan signifikansi 0,00 (p < 0,05). Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media video animasi interaktif berbasis kontekstual layak dan efektif untuk digunakan. Media ini mendukung keterlibatan siswa secara aktif dan bermakna dalam memahami konsep-konsep abstrak melalui pengalaman belajar yang kontekstual dan visual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Animasi Interaktif, Kontekstual, IPAS, ADDIE. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Noni Linzilah Mona Pasaribu |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 23:54 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 23:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25339 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |