Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Berbasis Kontekstual pada Muatan Pelajaran IPAS Kelas IV di SD Negeri 2 Penglatan

Mona Pasaribu, Noni Linzilah (2025) Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Berbasis Kontekstual pada Muatan Pelajaran IPAS Kelas IV di SD Negeri 2 Penglatan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1911021040-COVER)
1911021040-COVER.pdf

Download (440kB)
[img] Text (1911021040-ABSTRAK)
1911021040-ABSTRAK.pdf

Download (230kB)
[img] Text (1911021040-BAB I PENDAHULUAN)
1911021040-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (297kB)
[img] Text (1911021040-BAB II KAJIAN PUSTAKA)
1911021040-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (1911021040-BAB III METODE PENELITIAN)
1911021040-BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (1911021040-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1911021040-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB) | Request a copy
[img] Text (1911021040-BAB V PENUTUP)
1911021040-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (1911021040-DAFTAR PUSTAKA)
1911021040-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text (1911021040-LAMPIRAN)
1911021040-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) merancang bangun media video animasi pembelajaran interaktif berbasis kontekstual; (2) menguji validitanya media; dan (3) menguji efektivitas media terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes hasil belajar. Validitas media diperoleh melalui penilaian dari ahli isi, ahli desain pembelajaran, dan ahli media, serta melalui uji coba perorangan, kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Efektivitas media dianalisis melalui hasil pre-test dan post-test siswa menggunakan uji-t berpasangan. Data dianalisis dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif, dan statistik inferensial untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai kelayakan dan dampak media terhadap hasil belajar. Hasil validasi menunjukkan media sangat layak digunakan, dengan persentase dari ahli isi 94,12%, ahli desain 94,60%, dan ahli media 97,50%; uji coba perorangan rata-rata 96,00%, kelompok kecil 96,89%, dan uji coba lapangan 95,03%. Hasil uji efektivitas menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan, dengan rata-rata selisih -53,409, nilai t -88,224, dan signifikansi 0,00 (p < 0,05). Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media video animasi interaktif berbasis kontekstual layak dan efektif untuk digunakan. Media ini mendukung keterlibatan siswa secara aktif dan bermakna dalam memahami konsep-konsep abstrak melalui pengalaman belajar yang kontekstual dan visual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video Animasi Interaktif, Kontekstual, IPAS, ADDIE.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Noni Linzilah Mona Pasaribu
Date Deposited: 08 Jul 2025 23:54
Last Modified: 08 Jul 2025 23:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25339

Actions (login required)

View Item View Item