COHERENCE AND COHESION: AN ANALYSIS OF DESCRIPTIVE PARAGRAPHS WRITTEN BY THE ELEVENTH-GRADE STUDENTS OF SMA N 1 SAWAN ACADEMIC YEAR 2024/2025

Dewi, Ni Kadek Kasandra (2025) COHERENCE AND COHESION: AN ANALYSIS OF DESCRIPTIVE PARAGRAPHS WRITTEN BY THE ELEVENTH-GRADE STUDENTS OF SMA N 1 SAWAN ACADEMIC YEAR 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112021105-COVER.pdf

Download (16MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112021105-ABSTRAK.pdf

Download (746kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2112021105-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
2112021105-BAB II TINJAUAN PUSKATA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2112021105-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021105-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2112021105-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021105-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112021105-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis koherensi dan jenis kohesi yang digunakan dalam paragraf deskriptif yang ditulis oleh siswa kelas sebelas SMA Negeri 1 Sawan tahun ajaran 2024/2025. Pendekatan metode campuran digunakan, menggabungkan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan mendokumentasikan karya tulis siswa, dengan 20 dari 22 paragraf memenuhi kriteria penilaian. Instrumen yang digunakan meliputi rubrik penilaian koherensi dan tabel frekuensi kohesi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 90% paragraf dikategorikan koheren, dengan skor kohesi rata-rata 84,35, sedangkan 10% tergolong tidak koheren. Mengenai kohesi, siswa menggunakan berbagai perangkat kohesif seperti referensi, substitusi, elipsis, konjungsi, dan kohesi leksikal, dengan referensi dan konjungsi menjadi yang paling dominan. Temuan ini menunjukkan bahwa sementara sebagian besar siswa dapat membangun paragraf yang koheren dan kohesif, peningkatan lebih lanjut diperlukan dalam diversifikasi dan menerapkan perangkat kohesif secara efektif dalam penulisan akademis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: coherence, cohesion, descriptive paragraph, students' writing
Subjects: P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Kadek Kasandra Dewi
Date Deposited: 10 Jul 2025 01:28
Last Modified: 10 Jul 2025 01:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25389

Actions (login required)

View Item View Item