Dewi, Ni Kadek Kasandra (2025) COHERENCE AND COHESION: AN ANALYSIS OF DESCRIPTIVE PARAGRAPHS WRITTEN BY THE ELEVENTH-GRADE STUDENTS OF SMA N 1 SAWAN ACADEMIC YEAR 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112021105-COVER.pdf Download (16MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112021105-ABSTRAK.pdf Download (746kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2112021105-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
2112021105-BAB II TINJAUAN PUSKATA.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2112021105-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021105-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
2112021105-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021105-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112021105-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis koherensi dan jenis kohesi yang digunakan dalam paragraf deskriptif yang ditulis oleh siswa kelas sebelas SMA Negeri 1 Sawan tahun ajaran 2024/2025. Pendekatan metode campuran digunakan, menggabungkan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan mendokumentasikan karya tulis siswa, dengan 20 dari 22 paragraf memenuhi kriteria penilaian. Instrumen yang digunakan meliputi rubrik penilaian koherensi dan tabel frekuensi kohesi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 90% paragraf dikategorikan koheren, dengan skor kohesi rata-rata 84,35, sedangkan 10% tergolong tidak koheren. Mengenai kohesi, siswa menggunakan berbagai perangkat kohesif seperti referensi, substitusi, elipsis, konjungsi, dan kohesi leksikal, dengan referensi dan konjungsi menjadi yang paling dominan. Temuan ini menunjukkan bahwa sementara sebagian besar siswa dapat membangun paragraf yang koheren dan kohesif, peningkatan lebih lanjut diperlukan dalam diversifikasi dan menerapkan perangkat kohesif secara efektif dalam penulisan akademis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | coherence, cohesion, descriptive paragraph, students' writing |
Subjects: | P Language and Literature > PE English P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Kasandra Dewi |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 01:28 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 01:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25389 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |