PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA KELAS V GUGUS I KECAMATAN ABIANSEMAL TAHUN AJARAN 2024/2025

Wijaya, Devi Maharani Ananda (2025) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA KELAS V GUGUS I KECAMATAN ABIANSEMAL TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031454-COVER.pdf

Download (893kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031454-ABSTRAK.pdf

Download (553kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031454-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (590kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031454-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031454-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031454-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031454-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031454-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (745kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031454-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan representasi matematika siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain non-equivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD No. 3 Blahkiuh sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SD No. 4 Blahkiuh sebagai kelompok kontrol, masing-masing terdiri dari 21 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian berbasis indikator kemampuan representasi matematika. Sebelum uji hipotesis dilakukan, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan homogenitas. Hasil uji Kolmogorov-Smirnov menunjukkan bahwa data dari kedua kelompok berdistribusi normal (Dmax kelompok eksperimen = 0,197 dan Dmax kelompok kontrol = 0,161; keduanya < 0,287). Uji homogenitas menggunakan uji F menunjukkan bahwa data memiliki varians yang homogen (Fhitung = 1,966 < Ftabel = 2,084). Selanjutnya, uji-t polled varians digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil uji menunjukkan bahwa thitung = 24,095 > ttabel = 2,021 pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan 40, yang berarti H₀ ditolak dan H₁ diterima. Hal ini mengindikasikan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok yang dibelajarkan dengan model kooperatif tipe jigsaw dan kelompok yang tidak dibelajarkan dengan model kooperatif tipe jigsaw. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata skor post-test kelompok eksperimen adalah 16,10 dengan persentase capaian 80,5% (kategori tinggi), sedangkan kelompok kontrol hanya mencapai rata-rata 8,57 dengan persentase capaian 43% (kategori rendah). Temuan ini menunjukkan bahwa model kooperatif tipe jigsaw secara signifikan berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematika siswa. Implikasi dari penelitian ini menegaskan pentingnya penerapan model pembelajaran inovatif seperti jigsaw dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kompetensi siswa secara aktif, kolaboratif, dan bermakna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model Jigsaw, Matematika, Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Devi Maharani Ananda Wijaya
Date Deposited: 10 Jul 2025 07:06
Last Modified: 10 Jul 2025 07:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25415

Actions (login required)

View Item View Item