Pengembangan Media Pembelajaran Housekeeping dengan Menggunakan Adobe Flash di SMK Negeri 1 Sukasada

Darmawan, Dewa Putu (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Housekeeping dengan Menggunakan Adobe Flash di SMK Negeri 1 Sukasada. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2115011012 - COVER.pdf

Download (711kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2115011012 - ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115011012 - BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (132kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115011012 - BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2115011012 - BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115011012 - BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2115011012 - BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115011012 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2115011012 - LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan tahapan pengembangan media pembelajaran housekeeping dengan menggunakan Adobe Flash model ADDIE di SMK Negeri 1 Sukasada, 2) mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran housekeeping dengan menggunakan Adobe Flash di SMK Negeri 1 Sukasada. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih didominasi oleh metode ceramah dan penggunaan media konvensional, sehingga berdampak pada rendahnya antusiasme dan pemahaman siswa terhadap materi. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation), dengan fokus utama pada tiga tahap awal: analisis, desain, dan pengembangan. Hasil penlitian dari tahapan analisis menunjukkan perlunya media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Tahap desain menghasilkan rancangan media dengan konten materi, video, kuis, serta tampilan antarmuka yang menarik dan mudah digunakan. Tahap pengembangan mewujudkan media dalam bentuk aplikasi Adobe Flash yang mencakup berbagai fitur pembelajaran. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media/desain, yang menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan dengan skor kelayakan isi 98,57%, kebahasaan 100%, penyajian 93%, visual 87,2%, interaktivitas 98,3%, dan evaluasi 100%. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash ini dinyatakan layak digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan dapat menjadi alternatif solusi dalam proses belajar mengajar di kelas housekeeping.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ADIIE. Adobe Flash. Housekeeping. Media Pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1)
Depositing User: DEWA PUTU DARMAWAN
Date Deposited: 11 Jul 2025 02:59
Last Modified: 11 Jul 2025 02:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25419

Actions (login required)

View Item View Item