Sanjaya, Kadek Yoga (2020) Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Gugus II Kecamatan Banjar Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031254-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031254-ABSTRAK.pdf Download (322kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031254-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (484kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031254-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (705kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031254-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (963kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031254-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031254-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031254-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (355kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031254-LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Peta Pikiran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Gugus II Kecamatan Banjar Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitia quasi eskperimen atau eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non-equuivalent post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas (6 kelas) V di Gugus II Kecamatan Banjar tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 183 orang. Sampel penelitian ini diambil secara acak menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas V SDN 1 Tigawasa dan Kelas V SDN 1 Temukus dengan kelas V SDN 1 Tigawasa berjumlah 29 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SDN 1 Temukus berjumlah 29 orang sebagai kelompok kontrol. Data pada penelitian ini adalah skor hasil belajar IPA siswa yang dikumpulka dengan menggunakan tes pilihan ganda dengan jumlah soal 20 butir. Data hasil belajar IPA dianalisis menggunakan statistik deskriftif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning berbantuan peta pikiran dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. (thitung = 4,34 > tTabel = 1,67). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulka bahwa terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Gugus II Kecamatan Banjar Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata kunci: discovery learning, peta pikiran, hasil belajar IPA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | discovery learning, peta pikiran, hasil belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Yoga Sanjaya |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 10:55 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 10:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2542 |
Actions (login required)
View Item |