Dewi, Luh Gede Silvia Maha (2025) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK DIGITAL BERBASIS MASALAH PADA MUATAN BAHASA INDONESIA MATERI PARAGRAF SISWA KELAS IV DI SD NO. 7 DALUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031330-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031330-ABSTRAK.pdf Download (660kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031330-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (615kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031330-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (760kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031330-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031330-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031330-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (589kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031330-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (622kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031330-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan rancang bangun media pop up book digital berbasis masalah materi paragraf. (2) mengetahui kelayakan media pop up book digital berbasis masalah materi paragraf. (3) mengetahui efektivitas media pop up book digital berbasis masalah materi paragraf. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non-tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial (uji-t sampel dependent). Hasil penelitian adalah (1) Media pop up book digital berbasis masalah didesain menampilkan sebuah elemen yang tampak seperti gambar yang timbul ketika halaman buku dibuka, media ini dibuat menggunakan aplikasi powerpoint. (2) Media pop up book digital berbasis masalah dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian dari ahli isi/materi pembelajaran sebesar 95,53% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian dari ahli desain intruksional sebesar 95,45% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian dari ahli media pembelajaran sebesar 91,07% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji praktisi sebesar 96,02% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian uji coba perorangan sebesar 96,33% dengan kualifikasi sangat baik, dan hasil penilaian uji coba kelompok kecil sebesar 95,11% dengan kualifikasi sangat baik. (3) Efektivitas media pop up book digital berbasis masalah berdasarkan uji-t diperoleh thitung = 26,404 dan ttabel= 2,048 yang artinya t hitung > t tabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pop up book digital berbasis masalah efektif digunakan pada muatan Bahasa Indonesia materi paragraf di kelas IV SD No. 7 Dalung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengembangan, Pop Up Book Digital, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Luh Gede Silvia Maha Dewi |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 05:13 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 05:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25436 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |