Ariningsih, Ni Made Suti (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MODIFIKASI LAGU ANAK-ANAK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 3 PEJENG KANGIN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031459-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031459-ABSTRAK.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031459-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031459-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031459-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031459-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031459-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031459-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031459-LAMPIRAN.pdf Download (56MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) rancang bangun media video pembelajaran modifikasi lagu anak-anak untuk meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas II SD Negeri 3 Pejeng Kangin, (2) validitas/kelayakan media video pembelajaran modifikasi lagu anak-anak untuk meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas II SD Negeri 3 Pejeng Kangin yang ditinjau dari uji ahli isi/materi, desain instruksional, media, kepraktisan, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil, (3) efektivitas media video pembelajaran modifikasi lagu anak-anak untuk meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas II SD Negeri 3 Pejeng Kangin. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data dilaksanakan melalui metode tes berupa soal pilihan ganda untuk mengetahui hasil kemampuan membaca siswa terkait materi menganalisis unsur intrinsik pada cerita. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) rancang bangun media pembelajaran video pembelajaran modifikasi lagu anak-anak untuk meningkatkan keterampilan membaca pada siswa (2) video pembelajaran modifikasi lagu anak-anak ini dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian oleh 2 ahli isi yang mendapatkan hasil yaitu 96,87% dan 93,75% penilaian ahli desain sebesar 92,50%, penilaian ahli media pembelajaran sebesar 90,62%, penilaian ahli kepraktisan sebesar 93.75%, uji coba perorangan sebesar 94,69%, dan uji coba kelompok kecil sebesar 94,69%,(3) Berdasarkan analisis data dilakukan perhitungan secara manual diperoleh hasil thitung sebesar 12,63 dan diperoleh hasil ttabel 1,782, maka dari hasil analisis tersebut dapat dibandingkan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel . Maka thitung = 12,63 > ttabel = 1.782 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat peningkatan yang signifikan (5%) pemerolehan skor keterampilan membaca antara sebelum dan sesudah menggunakan video pembelajaran modifikasi lagu anak-anak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran modifikasi lagu anak-anak efektif diterapkan pada siswa kelas II SD N 3 Pejeng Kangin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan,Video Pembelajaran Modifikasi Lagu Anak-Anak, Keterampilan Membaca |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI MADE SUTI ARININGSIH |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 05:14 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 05:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25463 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |