ANALISIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KONTEN TIKTOK DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA DI SMA

Cahyani, Ni Kadek Bintang (2025) ANALISIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KONTEN TIKTOK DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2114031003-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2114031003-ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2114031003-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (397kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2114031003-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
2114031003-BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PEMBAHASAN)
2114031003-BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2114031003-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114031003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2114031003-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis penerapan model PBL berbantuan konten Tiktok dalam pembelajaran geografi, (2) Menganalisis kemampuan literasi lingkungan siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model PBL berbantuan konten Tiktok, dan (3) Menganalisis pengaruh penerapan model PBL berbantuan konten Tiktok terhadap kemampuan literasi lingkungan siswa dalam pembelajaran Geografi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kuta. Desain penelitian menggunakan eksperimen semu. Kelompok eksperimen (XI B3) dan kelompok kontrol (XI A1) dipilih menggunakan acak sederhana pada kelas yang setara. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi, dan pencatatan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: (1) Model PBL berbantuan konten tiktok dapat diimplementasikan dengan kategori “sangat baik” melalui tahapan penerapannya, (2) Model PBL berbantuan konten tiktok cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi lingkungan siswa yang ditunjukan oleh perbedaan nilai rata-rata posttest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang mencapai 7,43%, (3) Model PBL berbantuan konten tiktok berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi lingkungan siswa pada pembelajaran geografi dibuktikan dengan Sig (2-tailed) = 0.003 < 0.05 pada p = 0.05. Berdasarkan hasil tersebut disarankan kepada guru geografi menggunakan Model PBL berbantuan konten tiktok untuk meningkatkan kemampuan literasi lingkungan siswa pada pembelajaran geografi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan literasi lingkungan siswa; konten tiktok; model PBL
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1)
Depositing User: Ni Kadek Bintang Cahyani
Date Deposited: 11 Jul 2025 09:18
Last Modified: 11 Jul 2025 09:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25465

Actions (login required)

View Item View Item