Cahyani, Ni Kadek Bintang (2025) ANALISIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KONTEN TIKTOK DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2114031003-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2114031003-ABSTRAK.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2114031003-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (397kB) |
![]() |
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2114031003-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (601kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
2114031003-BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (808kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV PEMBAHASAN)
2114031003-BAB IV PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (504kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
2114031003-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114031003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2114031003-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis penerapan model PBL berbantuan konten Tiktok dalam pembelajaran geografi, (2) Menganalisis kemampuan literasi lingkungan siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model PBL berbantuan konten Tiktok, dan (3) Menganalisis pengaruh penerapan model PBL berbantuan konten Tiktok terhadap kemampuan literasi lingkungan siswa dalam pembelajaran Geografi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kuta. Desain penelitian menggunakan eksperimen semu. Kelompok eksperimen (XI B3) dan kelompok kontrol (XI A1) dipilih menggunakan acak sederhana pada kelas yang setara. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi, dan pencatatan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: (1) Model PBL berbantuan konten tiktok dapat diimplementasikan dengan kategori “sangat baik” melalui tahapan penerapannya, (2) Model PBL berbantuan konten tiktok cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi lingkungan siswa yang ditunjukan oleh perbedaan nilai rata-rata posttest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang mencapai 7,43%, (3) Model PBL berbantuan konten tiktok berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi lingkungan siswa pada pembelajaran geografi dibuktikan dengan Sig (2-tailed) = 0.003 < 0.05 pada p = 0.05. Berdasarkan hasil tersebut disarankan kepada guru geografi menggunakan Model PBL berbantuan konten tiktok untuk meningkatkan kemampuan literasi lingkungan siswa pada pembelajaran geografi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan literasi lingkungan siswa; konten tiktok; model PBL |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Bintang Cahyani |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 09:18 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 09:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25465 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |