PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONSEPTUAL UNDERSTANDING PROSEDURES BERBANTUAN VIDEO KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 KINTAMANI

Yana, Ketut Yos Sutirta (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONSEPTUAL UNDERSTANDING PROSEDURES BERBANTUAN VIDEO KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 KINTAMANI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813011100-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813011100-ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011100-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (278kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011100-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011100-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011100-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011100-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011100-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813011100-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemahaman konsep merupakan unsur penting dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures berbantuan video kontekstual terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Kintamani dengan pemahaman konsep matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Kintamani yang berjumlah 137 orang. yaitu mengambil dua dari empat kelas VIII, selanjutnya dari dua kelas yang terpilih diundi lagi dan diperoleh kelas VIII-B yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D yang terdiri dari 35 siswa sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design, yang melibatkan 69 siswa sebagai sampel. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian ini dapat ditunjukkan dengan koefisien R square sebesar 0.85. Besarnya pengaruh terhadap variabel X dengan variabel Y dapat dilihat nilai thitung sebesar 7,805 > ttabel sebesar 3,996. Maka dari itu ada hubungan antara penggunaan model pembelajaran CUPs berbantuan video kontekstual terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Serta penelitian ini menunjukkan rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) lebih tinggi dari pada rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran CUPs, Video Kontekstual, Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ketut Yos Sutirta Yana
Date Deposited: 12 Jul 2025 01:52
Last Modified: 12 Jul 2025 01:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25478

Actions (login required)

View Item View Item