Adnyani, Ida Ayu Komang Ratih (2025) Analisis Strategi Pembelajaran Bahasa Jepang Dasar di LPK Fuji Academy Bali Cabang Denpasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112061002-COVER..pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112061002-ABSTRAK 2.pdf Download (586kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112061002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text (BAB 2 STUDI PUSTAKA)
2112061002-BAB 2 STUDI PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (629kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN)
2112061002-BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112061002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112061002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR RUJUKAN)
2112061002-DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112061002-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi efektif yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Jepang dasar di LPK Fuji Academy Bali Cabang Denpasar, dan faktor yang mendasari penggunaan strategi pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah salah satu instruktur. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi efektif yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran bahasa Jepang dasar adalah strategi inovatif pembelajaran tipe TPS (Think-Pair-Share), role play, gossiping groups activity, DRTA (Direct-Reading-Thinking-Activity), mind maps, key words pictorial, guessing from context, EEE (Exploration-Explanation-Expressing), permainan Karuta, dan tongue twister. Buku pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran bahasa Jepang dasar adalah Minna no Nihongo 1 dan 2, serta Irodori shokyuu 1 dan 2. Berbagai faktor yang mendasari penggunaan strategi tersebut adalah faktor internal dan eksternal, penggunaan stimulus untuk menghindari kebosanan dalam pembelajaran (PPT, audio, realia), penguatan pembelajaran dalam memaksimalkan keterampilan berbahasa, serta upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui berbagai latihan (latihan kosakata, pola kalimat, ujian simulasi) Kata kunci: Target pembelajaran bahasa Jepang, strategi pembelajaran dasar, LPK Fuji Academy, Irodori, Minna no Nihong
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Target pembelajaran bahasa Jepang, strategi pembelajaran dasar, LPK Fuji Academy, Irodori, Minna no Nihongo. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Komang Ratih Adnyani |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 07:16 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 07:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25487 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |