Analisis Strategi Pembelajaran Bahasa Jepang Dasar di LPK Fuji Academy Bali Cabang Denpasar

Adnyani, Ida Ayu Komang Ratih (2025) Analisis Strategi Pembelajaran Bahasa Jepang Dasar di LPK Fuji Academy Bali Cabang Denpasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112061002-COVER..pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112061002-ABSTRAK 2.pdf

Download (586kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112061002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (266kB)
[img] Text (BAB 2 STUDI PUSTAKA)
2112061002-BAB 2 STUDI PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN)
2112061002-BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112061002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112061002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR RUJUKAN)
2112061002-DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (187kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112061002-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi efektif yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Jepang dasar di LPK Fuji Academy Bali Cabang Denpasar, dan faktor yang mendasari penggunaan strategi pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah salah satu instruktur. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi efektif yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran bahasa Jepang dasar adalah strategi inovatif pembelajaran tipe TPS (Think-Pair-Share), role play, gossiping groups activity, DRTA (Direct-Reading-Thinking-Activity), mind maps, key words pictorial, guessing from context, EEE (Exploration-Explanation-Expressing), permainan Karuta, dan tongue twister. Buku pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran bahasa Jepang dasar adalah Minna no Nihongo 1 dan 2, serta Irodori shokyuu 1 dan 2. Berbagai faktor yang mendasari penggunaan strategi tersebut adalah faktor internal dan eksternal, penggunaan stimulus untuk menghindari kebosanan dalam pembelajaran (PPT, audio, realia), penguatan pembelajaran dalam memaksimalkan keterampilan berbahasa, serta upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui berbagai latihan (latihan kosakata, pola kalimat, ujian simulasi) Kata kunci: Target pembelajaran bahasa Jepang, strategi pembelajaran dasar, LPK Fuji Academy, Irodori, Minna no Nihong

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Target pembelajaran bahasa Jepang, strategi pembelajaran dasar, LPK Fuji Academy, Irodori, Minna no Nihongo.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Ida Ayu Komang Ratih Adnyani
Date Deposited: 14 Jul 2025 07:16
Last Modified: 14 Jul 2025 07:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25487

Actions (login required)

View Item View Item