Putri, Ni Made Dwi Lestari (2025) NUREKSAIN KAWAGEDAN NGWACEN UNIT-UNIT SUB LEKSIKAL KRUNA WILANGAN AKSARA BALI SISIA SMP NEGERI 6 GEROKGAK NGANGGEN SISTEM BLOK AKSARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112051006-COVER.pdf.pdf Download (847kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112051006-ABSTRAK.pdf.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112051006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text (BAB 2 LANDASAN TEORI)
2112051006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2112051006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112051006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112051006-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112051006-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112051006-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (5MB) |
Abstract
Aksara Bali sebagai salah satu pembelajaran yang dirasa sulit oleh siswa khususnya kata bilangan yang ditulis menggunakan aksara Bali karena kata bilangan yang ditulis menggunakan aksara Bali termasuk dalam sistem penulisan abugida, untuk mengatasi masalah tersebut dalam proses pembelajaran membaca kata bilangan bilangan aksara Bali dapat dilakukan dengan cara mengeja sama halnya seperti saat membaca huruf latin yang dibaca menurut suku katanya, namun mengeja yang dilakukan dalam membaca kata bilangan aksara Bali menggunakan sistem blok aksara Bali. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan baru terhadap siswa dan guru mengenai tata cara membaca kata bilangan aksara Bali. Selain itu, tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) mengetahui unit-unit sub leksikal yang terdapat dalam kata bilangan aksara Bali, 2) mengetahui kemampuan siswa membaca kata bilangan aksara Bali di tataran sub leksikal, 3) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil membaca kata bilangan aksara Bali siswa di SMP Negeri 6 Gerokgak. Beberapa teori yang digunakan sebagai dasar dalam penelitian ini yaitu: 1) Fonologi, 2) Membaca, 3) Sistem Penulisan, 4) Sub Leksikal, 5) Kata Bilangan, dan 6) Aksara Bali. Jumlah kata bilangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 10 kata bilangan gebogan aksara Bali, terdapat 33 unit sub leksikal dengan 5 simbol blok yang berbeda. Dari semua simbol blok yang ada dalam kata bilangan, kemampuan siswa membaca unit-unit sub leksikal termasuk dalam kategori sangat baik. Namun ada temuan yang sangat menarik dalam penelitian ini yaitu banyaknya siswa yang belum mengetahui bunyi aksara dari simbol blok CV dengan demikian guru diharapkan untuk memberikan pengayaan materi membaca aksara Bali yang termasuk dalam simbol blok CV terutama yang memiliki vokal /o/ dan bentuk aksara dengan suara /lǝ/. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa membaca kata bilangan aksara Bali di SMP N 6 Gerokgak menurut pendapat siswa yang terbanyak adalah: 1) bingung dengan bentuk aksara Bali, 2) belum hafal bentuk aksara Bali, dan 3) bentuk aksara Bali sangat mirip.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca, Sub Leksikal, Aksara Bali. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa Bali (S1) |
Depositing User: | Ni Made Dwi Lestari Putri |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 01:47 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 01:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25500 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |