Dana, I Wayan (2025) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Penilaian Diri Pada Mata Kuliah Bahasa Sangiang di Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2039011012-COVER.pdf Download (880kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2039011012-ABSTRAK.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2039011012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2039011012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2039011012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (556kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2039011012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2039011012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2039011012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2039011012-LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini berfokus pada penciptaan modul pembelajaran bahasa Sangiang yang mengintegrasikan penilaian diri sehingga layak menjadi sumber belajar di IAHN Tampung Penyang Palangka Raya. Penelitian ini menerapkan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Berdasarkan evaluasi ahli materi dan desain, modul yang dihasilkan terbukti memenuhi kriteria kelayakan yang tinggi. Tanggapan positif dari dosen serta mahasiswa juga mengonfirmasi bahwa modul ini sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Lebih lanjut, uji efektivitas menunjukkan bahwa modul secara relevan mampu meningkatkan hasil belajar bahasa Sangiang mahasiswa, di mana kelompok pengguna modul mencapai hasil lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Disimpulkan bahwa modul pembelajaran bahasa Sangiang berbasis penilaian diri ini terbukti valid, praktis sekaligus efektif sebagai sarana peningkatan hasil belajar mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | modul, bahasa Sangiang, penilaian diri |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > L Education (General) L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | I Wayan Dana |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 21:07 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 21:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25534 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |