PENGEMBANGAN MODUL LITERASI NUMERASI TEMA LINGKUNGANKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Laksmi, Ni Luh Ayu Nitya (2025) PENGEMBANGAN MODUL LITERASI NUMERASI TEMA LINGKUNGANKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1839031007-COVER)
1839031007-Cover.pdf

Download (876kB)
[img] Text (1839031007-ABSTRAK)
1839031007-Abstrak.pdf

Download (29kB)
[img] Text (1839031007-BAB 1 PENDAHULUAN)
1839031007-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (209kB)
[img] Text (1839031007-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1839031007-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (1839031007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1839031007-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (1839031007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1839031007-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB) | Request a copy
[img] Text (1839031007-BAB 5 PENUTUP)
1839031007-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (1839031007-DAFTAR PUSTAKA)
1839031007-Daftar Pustaka.pdf

Download (270kB)
[img] Text (1839031007-LAMPIRAN)
1839031007-Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul literasi numerasi bermuatan tema lingkunganku bagi siswa kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Tabanan dengan muatan unsur budaya lokal Bali. Kebaruan penelitian ini adalah memanfaatkan budaya lokal Bali. Metode pengembangan menggunakan model Four-D. Pengujian validitas melibatkan 15 pakar, pengujian kepraktisan melibatkan 20 guru dan 60 siswa. Teknik analisis validitas menggunakan metode Lawshe dan analisis product moment. Analisis kepraktisan dengan deskriptif kuantitatif dari respon guru dan siswa sebagai pengguna. Analisis effect size (ES) untuk menentukan tingkat efektivitas menggunakan data pretest dan postest terhadap siswa. Hasil penelitian menunjukkan data sebagai berikut. (1) modul literasi numerasi yang dikembangkan berjudul modul literasi numerasi bermuatan budaya lokal Bali tema lingkunganku bagi siswa kelas V sekolah dasar dikemas dengan cover menarik, dilengkapi gambar dan dilandasi nilai-nilai budaya lokal bali yaitu metajog. (2) modul literasi numerasi bermuatan budaya lokal Bali dinyatakan valid oleh semua pakar ditunjukkan dengan rata-rata CVR sebesar 93,3% berkategori sangat baik; (3) modul literasi numerasi bermuatan budaya lokal Bali dinyatakan diterima berdasarkan respon 20 guru adalah 91,33% berkategori sangat tinggi dan respon siswa adalah 96,67% berkategori sangat tinggi; (4) modul literasi numerasi bermuatan budaya lokal Bali memiliki efektivitas (ES)-nya sebesar 1,07 kategori efektivitas tinggi. Dapat disimpulkan bahwa modul literasi numerasi bermuatan budaya lokal Bali tema lingkunganku adalah diterima dan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi. Mengacu pada hasil tersebut, modul pengembangan ini direkomendasikan untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran bagi kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Modul Literasi Numerasi, Budaya Lokal Bali, Lingkunganku
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3)
Depositing User: Ni Luh Ayu Nitya Laksmi
Date Deposited: 15 Jul 2025 03:48
Last Modified: 15 Jul 2025 03:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25595

Actions (login required)

View Item View Item