Sariningsih, Komang Ratna (2025) PENGARUH PENERAPAN METODE GASING BERPENDEKATAN PERMAINAN TRADISIONAL MONG - MONGAN BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031528-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031528-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031528-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031528-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031528-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031528-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031528-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031528-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031528-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan metode pembelajaran gasing berpendekatan permainan tradisional Mong - Mongan Bilangan terhadap hasil belajar kognitif Matematika siswa kelas III di Sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi-experimental design) karena peneliti tidak dapat secara acak membagi siswa ke dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Populasi penelitian terdiri dari 33 siswa kelas III dan sampel dipilih menggunakan teknik random sampling. Kedua kelompok eksperimen dan control diberikan pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar Matematika sebelum dan sesudah penerapan metode pembelajaran. Metode pengumpulan data utama adalah tes objektif yang mengukur pemahaman konsep Matematika siswa. Tes ini dirancang untuk mengukur kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal Matematika yang relevan dengan materi yang diajarkan. Kisi-kisi soal disusun berdasarkan tujuan dan materi pembelajaran yang telah ditentukan. Untuk memastikan validitas dan reliabilitas tes, dilakukan uji coba dan analisis butir soal sebelum digunakan pada penelitian. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis statistik deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial khususnya uji-t digunakan untuk menguji hipotesis penelitian yaitu apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelompok eksperimen (yang menggunakan metode Gasing dengan permainan Mong - Mongan Bilangan) dan kelompok kontrol (yang menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan ceramah). Hasil analisis menunjukkan nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel pada taraf signifikansi 5%. Hasil ini mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan kata lain, metode pembelajaran Gasing berpendekatan permainan tradisional Mong - Mongan Bilangan terbukti berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar kognitif Matematika siswa kelas III sekoah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Metode Gasing, Permainan Tradisional Mong - Mongan Bilangan, hasil belajar Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Komang Ratna Sariningsih |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 02:29 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 02:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25598 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |