Budiasih, Ni Luh Putu Shinta (2019) Pengaruh Interaksi Sosial dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Selatan. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1729011028-COVER.pdf Download (791kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1729011028-ABSTRAK.pdf Download (26kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729011028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (168kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729011028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729011028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN)
1729011028-BAB 4 HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1729011028-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729011028-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (25kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1729011028-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kata-kata Kunci : Interaksi Sosial, Motivasi, Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh interaksi sosial terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Selatan, (2) pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Selatan, (3) pengaruh interaksi sosial dan motivasi terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia melalui bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Selatan yang berjumlah 57 siswa. Sampel penelitian ini menggunakan teknik (clauster sampling). Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan tes penilaian menulis karangan. Data dianalisis menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi sosial terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Selatan dengan t hitung sebesar 2,584 dengan signifikansi 0,013., (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Selatan dengan t hitung sebesar 2,619 dengan signifikansi 0,011. (3) Pengaruh variabel interaksi sosial dan motivasi secara bersama-sama adalah sebesar 72,3%. Hal ini menunjukkan bahwa presentase sumbangan pengaruh variabel bebas interaksi sosial (X1) dan motivasi (X2) terhadap variabel terikat prestasi belajar Bahasa Indonesia (Y) sebesar 72,3%. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh secara signifikan interaksi sosial dan motivasi secara parsial dan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia dengan kontribusi 72,3%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interaksi Sosial, Motivasi, Prestasi Belajar Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S2) |
Depositing User: | NI LUH PUTU SHINTA BUDIASIH |
Date Deposited: | 23 Oct 2019 07:24 |
Last Modified: | 23 Oct 2019 07:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/256 |
Actions (login required)
View Item |