Pengaruh Interaksi Sosial dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Selatan.

Budiasih, Ni Luh Putu Shinta (2019) Pengaruh Interaksi Sosial dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Selatan. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1729011028-COVER.pdf

Download (791kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1729011028-ABSTRAK.pdf

Download (26kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729011028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (168kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729011028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729011028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN)
1729011028-BAB 4 HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1729011028-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729011028-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1729011028-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata-kata Kunci : Interaksi Sosial, Motivasi, Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh interaksi sosial terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Selatan, (2) pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Selatan, (3) pengaruh interaksi sosial dan motivasi terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia melalui bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Selatan yang berjumlah 57 siswa. Sampel penelitian ini menggunakan teknik (clauster sampling). Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan tes penilaian menulis karangan. Data dianalisis menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi sosial terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Selatan dengan t hitung sebesar 2,584 dengan signifikansi 0,013., (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Selatan dengan t hitung sebesar 2,619 dengan signifikansi 0,011. (3) Pengaruh variabel interaksi sosial dan motivasi secara bersama-sama adalah sebesar 72,3%. Hal ini menunjukkan bahwa presentase sumbangan pengaruh variabel bebas interaksi sosial (X1) dan motivasi (X2) terhadap variabel terikat prestasi belajar Bahasa Indonesia (Y) sebesar 72,3%. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh secara signifikan interaksi sosial dan motivasi secara parsial dan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia dengan kontribusi 72,3%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial, Motivasi, Prestasi Belajar Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S2)
Depositing User: NI LUH PUTU SHINTA BUDIASIH
Date Deposited: 23 Oct 2019 07:24
Last Modified: 23 Oct 2019 07:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/256

Actions (login required)

View Item View Item