Sitepu, Fitra (2025) PENGEMBANGAN E-BOOK BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF MUATAN PELAJARAN IPAS PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 PANJI ANOM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111021008-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111021008-ABSTRAK.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111021008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (344kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111021008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111021008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111021008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111021008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111021008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111021008-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses rancang bangun pengembangan e-book, (2) mengetahui validitas e-book berdasarkan penilaian ahli isi pembelajaran, desain pembelajaran, dan media pembelajaran, (3) mengetahui respon pengguna e-book berdasarkan uji coba perorangan dan kelompok kecil, dan (4) mengetahui efektivitas e-book berpendekatan kontekstual terhadap peningkatan kemampuan metakognitif siswa pada muatan pelajaran IPAS kelas V di SD Negeri 1 Panji Anom. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan analisis statistik inferensial uji-t sampel berkorelasi. Hasil dari penelitian ini (1) perancangan e-book dari tahap analisis sampai tahap evaluasi, (2) validitas produk dari ahli isi pembelajaran skor (96.00%) kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran skor (96,00%) kualifikasi sangat baik, dan ahli media pembelajaran skor (98,00%) kualifikasi sangat baik, (3) respon pengguna e-book berdasarkan uji coba perorangan skor (98,00%) kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil skor (98,22%) kualifikasi sangat baik, dan (4) disimpulkan bahwa penggunaan e-book berpendekatan kontekstual efektif untuk meningkatkan kemampuan metakognitif siswa kelas V di SD Negeri 1 Panji Anom.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, e-book, berpendekatan kontekstual, ADDIE, Metakognitif, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Fitra Sitepu |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 02:32 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 02:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25611 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |