PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS TOPIK FOTOSINTESIS KELAS IV SEKOLAH DASAR

Agustin, Maritza (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS TOPIK FOTOSINTESIS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031145-COVER.pdf

Download (880kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031145-ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031145-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (290kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031145-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031145-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031145-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031145-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031145-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031145-LAMPIRAN.pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan canva pada pembelajaran IPAS topik fotosintesis untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar yang valid, praktis, dan efektif digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri tahap Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuesioner dengan instrument rating scale. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan desain one group pretes – posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) rancang bangun multimedia pembelajaran interaktif dengan berbantuan aplikasi canva, (2) uji validitas menunjukkan multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan memiliki kualifikasi sangat baik dengan skor 4,77 (ahli media) dan 4,85 (ahli materi), (3) uji kepraktisan menunjukkan multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan memiliki kualifikasi sangat baik dengan skor 99% (guru) dan 92% (siswa), (4) uji efektifitas menunjukkan terdapat efektivitas penggunaan multimedia pembelajaran interaktif pada pembelajaran IPAS topik Fotosintesis untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar, dengan skor nilai signifikansi (2-tailed) pada uji paired sample t-test sebesar 0,000 < 0,05 (taraf signifikansi). Berdasarkan hasil tersebut, ditunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPAS topik fotosintesis kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran interaktif, canva, motivasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Maritza Agustin
Date Deposited: 16 Jul 2025 02:36
Last Modified: 16 Jul 2025 02:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25615

Actions (login required)

View Item View Item