Satyadewi, Ni Kadek Arya (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN PEER TUTORING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NEGARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113011020-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113011020-ABSTRAK.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (367kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (591kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113011020-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan guna menguji apakah prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Negara yang mengikuti model pembelajaran Cooperative Script berbantuan Peer Tutoring lebih baik dibanding prestasi belajar matematika siswa yang diterapkan model pembelajaran Cooperative Script. Penelitian ini merupakan quasi eksperiment yang mempergunakan posttest-only control group design. Sebanyak 332 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Negara menjadi populasi penelitian, dengan sampel yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian melibatkan dua kelas, yakni kelas VIII.1 (kelas eksperimen) diterapkan pembelajaran dengan model Cooperative Script berbantuan Peer Tutoring, dan kelas VIII.3 (kelas kontrol) dengan menggunakan model Cooperative Script. Pengambilan data penelitian menggunakan instrumen tes uraian. Hasil penelitian mengungkap rerata skor post-test kelas eksperimen sebesar 81,88, sementara rerata skor kelas kontrol sebesar 74,19. Hasil pengujian hipotesis mempergunakan independent samples t-test dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan nilai signifikansi (sig.) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Hal ini mengindikasikan adanya pengaruh signifikan penerapan model Cooperative Script berbantuan Peer Tutoring terhadap prestasi belajar matematika. Temuan tersebut membuktikan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Negara yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Cooperative Script berbantuan Peer Tutoring lebih baik dibanding prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Cooperative Script.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran Cooperative Script, Peer Tutoring, prestasi belajar matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | NI KADEK ARYA SATYADEWI |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 02:23 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 02:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25629 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |