PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PEMBELAJARAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS 4 SD NEGERI 1 BATUAN GIANYAR

Pratistha, I Kadek Agus (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PEMBELAJARAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS 4 SD NEGERI 1 BATUAN GIANYAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111021006-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111021006-ABSTRAK.pdf

Download (342kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111021006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (515kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111021006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2111021006-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (934kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111021006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111021006-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111021006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111021006-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses rancang bangun pengembangan E-Modul berbasis pembelajaran metakognitif pada mata pelajaran IPAS, (2) validitas E-Modul pada mata pelajaran IPAS, (3) efektivitas E-Modul berbasis pembelajaran metakognitif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas 4 SD Negeri 1 Batuan Gianyar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini dalam ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, 3 orang siswa untuk uji coba perorangan, 9 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Batuan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistika inferensial uji-t. Hasil penelitian ini menemukan: (1) bahan ajar e-modul ini dikembangkan dengan model ADDIE melalui lima tahapan (analyze, desidn, development, implementation dan evaluation). (2) validitas bahan ajar e-modul dari hasil uji (a) ahli isi pembelajaran sebesar 95,38%, (b) ahli desain pembelajaran sebesar 91,39%, (c) ahli media pembelajaran sebesar 94,66%, (d) uji coba perorangan sebesar 90%, (e) uji coba kelompok kecil sebesar 91,55%,. (3) efektivitas bahan ajar e-modul diukur dari hasil uji-t yang menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antar sebelum dan sesudah menggunkan bahan ajar e-modul pada muatan mata pelajaran IPAS dengan signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Hasil ini menunjukan bahwa signifikansi lebih kecil dari 0,05 (nilai Signifikansi (2-tailed) < 0,05), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-modul IPAS efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas 4 di SD Negeri 1 Batuan Gianyar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, bahan ajar, berbasis pembelajaran metakognitif, Addie, IPAS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: I Kadek Agus Pratistha
Date Deposited: 16 Jul 2025 06:55
Last Modified: 16 Jul 2025 06:55
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25634

Actions (login required)

View Item View Item