Pratistha, I Kadek Agus (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PEMBELAJARAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS 4 SD NEGERI 1 BATUAN GIANYAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111021006-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111021006-ABSTRAK.pdf Download (342kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111021006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (515kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111021006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (669kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2111021006-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (934kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111021006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111021006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111021006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (430kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111021006-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses rancang bangun pengembangan E-Modul berbasis pembelajaran metakognitif pada mata pelajaran IPAS, (2) validitas E-Modul pada mata pelajaran IPAS, (3) efektivitas E-Modul berbasis pembelajaran metakognitif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas 4 SD Negeri 1 Batuan Gianyar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini dalam ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, 3 orang siswa untuk uji coba perorangan, 9 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Batuan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistika inferensial uji-t. Hasil penelitian ini menemukan: (1) bahan ajar e-modul ini dikembangkan dengan model ADDIE melalui lima tahapan (analyze, desidn, development, implementation dan evaluation). (2) validitas bahan ajar e-modul dari hasil uji (a) ahli isi pembelajaran sebesar 95,38%, (b) ahli desain pembelajaran sebesar 91,39%, (c) ahli media pembelajaran sebesar 94,66%, (d) uji coba perorangan sebesar 90%, (e) uji coba kelompok kecil sebesar 91,55%,. (3) efektivitas bahan ajar e-modul diukur dari hasil uji-t yang menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antar sebelum dan sesudah menggunkan bahan ajar e-modul pada muatan mata pelajaran IPAS dengan signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Hasil ini menunjukan bahwa signifikansi lebih kecil dari 0,05 (nilai Signifikansi (2-tailed) < 0,05), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-modul IPAS efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas 4 di SD Negeri 1 Batuan Gianyar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, bahan ajar, berbasis pembelajaran metakognitif, Addie, IPAS. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | I Kadek Agus Pratistha |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 06:55 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 06:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25634 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |