Swandari, Ni Kadek Oppi (2025) ANALISIS KECEMASAN BELAJAR MATEMATIKA: STUDI KASUS SEKOLAH DASAR NEGERI DI DESA PENYABANGAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113011007-COVER.pdf Download (623kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113011007-ABSTRAK.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113010007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113011007-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat, faktor-faktor yang memengaruhi kecemasan belajar matematika pada siswa Sekolah Dasar Negeri di Desa Penyabangan beserta solusi yang bisa diberikan untuk mengurangi kecemasan belajar matematika. Kecemasan dalam pembelajaran matematika merupakan salah satu hambatan psikologis yang dapat memengaruhi prestasi dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan dokumentasi terhadap siswa, guru, dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecemasan belajar matematika pada siswa bervariasi dari tingkat ringan hingga sangat parah. Penyebab kecemasan berasal dari lingkungan belajar yang tidak mendukung, tuntutan dari orang tua, cara mengajar yang tidak variatif, serta minimnya rasa percaya diri siswa dalam memahami materi matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk menurunkan tingkat kecemasan dalam belajar matematika, dibutuhkan pendekatan yang lebih menyenangkan dan mendukung, serta peningkatan dukungan emosional dari lingkungan di sekitar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecemasan belajar, matematika, siswa sekolah dasar, studi kasus, Desa Penyabangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Oppi Swandari |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 01:36 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 01:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25653 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |