ANALISIS KECEMASAN BELAJAR MATEMATIKA: STUDI KASUS SEKOLAH DASAR NEGERI DI DESA PENYABANGAN

Swandari, Ni Kadek Oppi (2025) ANALISIS KECEMASAN BELAJAR MATEMATIKA: STUDI KASUS SEKOLAH DASAR NEGERI DI DESA PENYABANGAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011007-COVER.pdf

Download (623kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011007-ABSTRAK.pdf

Download (260kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (288kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113010007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011007-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat, faktor-faktor yang memengaruhi kecemasan belajar matematika pada siswa Sekolah Dasar Negeri di Desa Penyabangan beserta solusi yang bisa diberikan untuk mengurangi kecemasan belajar matematika. Kecemasan dalam pembelajaran matematika merupakan salah satu hambatan psikologis yang dapat memengaruhi prestasi dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan dokumentasi terhadap siswa, guru, dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecemasan belajar matematika pada siswa bervariasi dari tingkat ringan hingga sangat parah. Penyebab kecemasan berasal dari lingkungan belajar yang tidak mendukung, tuntutan dari orang tua, cara mengajar yang tidak variatif, serta minimnya rasa percaya diri siswa dalam memahami materi matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk menurunkan tingkat kecemasan dalam belajar matematika, dibutuhkan pendekatan yang lebih menyenangkan dan mendukung, serta peningkatan dukungan emosional dari lingkungan di sekitar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan belajar, matematika, siswa sekolah dasar, studi kasus, Desa Penyabangan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Kadek Oppi Swandari
Date Deposited: 17 Jul 2025 01:36
Last Modified: 17 Jul 2025 01:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25653

Actions (login required)

View Item View Item