PENGEMBANGAN E-BAHAN AJAR BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD NEGERI 1 PEGAYAMAN

Sitepu, Cica Marsela Br (2025) PENGEMBANGAN E-BAHAN AJAR BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD NEGERI 1 PEGAYAMAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031103-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031103-ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031103-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (308kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031103-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031103-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031103-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031103-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031103-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031103-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa kelas III sekolah dasar sehingga membutuhnya penggunaan media atau bahan ajar yang relevan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca. Kondisi di atas menarik perhatian penulis untuk mencoba meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan e-bahan ajar berpendekatan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-bahan ajar berpendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap yakni analyze, design, development, implementation, evaluation. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan kuisioner/angket. E-bahan ajar berpendekatan kontekstual ini dinyatakan layak digunakan berdasarkan hasil dari validasi uji ahli media, validasi uji ahli isi, uji perorangan dan kelompok kecil. E- bahan ajar ini juga dinyatakan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Dari hasil pengembangan ini diharapkan dapat memberikan inovasi baru pada pengembangan e-bahan ajar berpendekatan kontekstual dalam proses meningkatkan kemampuan membaca siswa di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-bahan ajar, Membaca, Kemampuan, Kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Cica Marsela BR Sitepu
Date Deposited: 16 Jul 2025 06:57
Last Modified: 16 Jul 2025 06:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25658

Actions (login required)

View Item View Item