Sitepu, Cica Marsela Br (2025) PENGEMBANGAN E-BAHAN AJAR BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD NEGERI 1 PEGAYAMAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031103-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031103-ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031103-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031103-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031103-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031103-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (747kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031103-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031103-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031103-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa kelas III sekolah dasar sehingga membutuhnya penggunaan media atau bahan ajar yang relevan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca. Kondisi di atas menarik perhatian penulis untuk mencoba meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan e-bahan ajar berpendekatan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-bahan ajar berpendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap yakni analyze, design, development, implementation, evaluation. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan kuisioner/angket. E-bahan ajar berpendekatan kontekstual ini dinyatakan layak digunakan berdasarkan hasil dari validasi uji ahli media, validasi uji ahli isi, uji perorangan dan kelompok kecil. E- bahan ajar ini juga dinyatakan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Dari hasil pengembangan ini diharapkan dapat memberikan inovasi baru pada pengembangan e-bahan ajar berpendekatan kontekstual dalam proses meningkatkan kemampuan membaca siswa di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-bahan ajar, Membaca, Kemampuan, Kontekstual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Cica Marsela BR Sitepu |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 06:57 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 06:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25658 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |