Kurniawati, Heni Dwi (2025) ANALISIS KESULITAN BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUKASADA PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN CAHAYA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113071037-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113071037-ABSTRAK.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113071037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113071037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113071037-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113071037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (607kB) |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113071037-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113071037-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113071037-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis kesulitan belajar IPA serta faktor-faktor yang mempengaruhinya pada materi getaran, gelombang dan cahaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek pada penelitian ini adalah 1 guru IPA kelas VIII dan 60 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukasada. Objek penelitian ini adalah kesulitan belajar dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi getaran, gelombang dan cahaya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan tes, kuesioner dan wawancara. Metode analisis data pada penelitian ini adalah statistik deskriptif berupa persentase dan narasi untuk menganalisis kesulitan belajar siswa, sedangkan analisis data faktor penyebab kesulitan belajar dilakukan melalui kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) siswa SMP Negeri 1 Sukasada mengalami tingkat kesulitan belajar tinggi yaitu sebesar 53,3%, sedang 30,0% dan rendah 18,3%; (2) faktor internal yang mempengaruhi kesulitan belajar terdiri atas empat aspek yakni aspek intelegensi, minat, motivasi dan bakat. Aspek minat merupakan aspek yang memiliki pengaruh kesulitan belajar lebih besar dengan rata-rata skor 2,48 kategori rendah daripada aspek-aspek yang lainnya; (3) faktor eskternal yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa terdiri atas tiga aspek yaitu aspek keluarga, sekolah dan masyarakat. Pada faktor eskternal aspek lingkungan masyarakat rata-rata skor 2,67 kategori rendah menjadi aspek yang memiliki pengaruh tinggi terhadap kesulitan belajar IPA siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesulitan belajar, faktor kesulitan belajar, getaran dan gelombang |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | HENI DWI KURNIAWATI |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 06:29 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 06:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25688 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |