PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS MULTIMODAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BERITA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KUTA

Lidia Hindriyani, Ni Made (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS MULTIMODAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BERITA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KUTA. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2329011004-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329011004-ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329011004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (476kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329011004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329011004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329011004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329011004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329011004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (458kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329011004-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prototype, menganalisis tingkat validitas, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran teks multimodal untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman teks berita siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kuta. Metode penelitian yang digunakan adalah Research dan Development (R&D). Populasi penelitian ini adalah 25 siswa kelas 7 di SMP Negeri 2 Kuta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran teks multimodal dalam keterampilan membaca pemahaman teks berita disajikan dalam 3 versi yakni (1) media pembelajaran teks multimodal dalam bentuk teks naratif, (2) media pembelajaran teks multimodal dalam bentuk infografis, dan (3) media pembelajaran teks multimodal dalam bentuk video informatif. Ketiga media pembelajaran tersebut digabungkan dalam satu platform flip book. Selain itu, hasil tingkat validitas dibuktikan validator instrumen membaca pemahaman dan validator media. Berikut hasil skor rata-rata oleh 2 validator instrumen penilaian, validator 1 sebesar 3,5 dengan kriteria valid, dan validator 2 sebesar 3,7 dengan kriteria sangat valid dan 2 validator media, validator 1 sebesar 3,8 dengan kriteria sangat valid, dan validator 2 sebesar 3,7 dengan kriteria sangat valid. Adapun hasil angket guru dan siswa kriteria kepraktisan dengan skor rata-rata sebesar oleh guru 1 sebesar 4,8 dengan kriteria sangat praktis dan guru 2 sebesar 5,0 dengan kriteria sangat praktis serta skor rata-rata oleh siswa 1 dan 5 sebesar 5,0 dengan kriteria sangat praktis, siswa 2,3, dan 4 sebesar 4,8 dengan kriteria sangat praktian dan hasil tingkat keefektifan dibuktikan dari hasil pre-test dan post-test. Berikut ini hasil pre-test dan post-test. Hasil nilai pre-test yang relatif merata pada kategori "Cukup" dan hasil nilai post-test yang merata pada kategori "Baik" dan "Sangat Baik"

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Teks Multimodal, Membaca Pemahaman
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S2)
Depositing User: Ni Made Lidia Hindriyani
Date Deposited: 19 Jul 2025 06:29
Last Modified: 19 Jul 2025 06:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25712

Actions (login required)

View Item View Item