Arini, Ni Ketut (2025) PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL ETNO EDUCATION JEJAITAN BALI DENGAN INTEGRASI MATERI MENGIDENTIFIKASI BANGUN RUANG PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031253-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031253-ABSTRAK.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031253-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031253-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031253-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031253-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTU[P)
2111031253-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031253-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031253-LAMPIRAN.pdf Download (20MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) memaparkan proses perancangan media buku digital etno education berbasis jejaitan Bali; (2) mendeskripsikan hasil validitas media pembelajaran tersebut; dan (3) mendeskripsikan tingkat kepraktisan media berdasarkan respons guru dan siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan pendekatan model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket validasi, dan angket uji kepraktisan. Metode analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Proses pengembangan dimulai dari identifikasi kebutuhan, perancangan isi dan visual media, pengembangan materi berbasis jejaitan Bali sebagai representasi bangun ruang, uji coba terbatas pada siswa kelas V, serta evaluasi melalui validasi ahli dan uji kepraktisan. Hasil validasi menunjukkan bahwa buku digital memperoleh skor rata-rata 93,1% dari ahli materi dan 96,85% dari ahli media, yang keduanya tergolong dalam kategori “sangat baik”. Sedangkan hasil uji kepraktisan memperoleh skor 100% dari guru dan rata-rata 92,63% dari siswa, yang termasuk dalam kategori “sangat praktis”. Berdasarkan temuan tersebut, buku digital etno education dinyatakan valid, praktis, dan layak digunakan dalam pembelajaran Matematika kelas V SD. Media ini tidak hanya berfungsi sebagai alat bantu pembelajaran yang efektif, tetapi juga sebagai sarana dalam menanamkan nilai-nilai budaya lokal melalui pengenalan jejaitan Bali, sehingga siswa mampu memahami konsep bangun ruang secara lebih konkret dan bermakna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Buku digital, etno education, jejaitan Bali, bangun ruang, matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Arini |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 01:10 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 01:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25723 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |