Pengembangan E-Book Interaktif sebagai Media Pembelajaran dalam Menentukan Ide Pokok dan Ide Penjelas pada Paragraf Argumentasi untuk Siswa Kelas 4 SD Negeri 3 Tukadsumaga

Swari, Ni Kadek Sukma (2025) Pengembangan E-Book Interaktif sebagai Media Pembelajaran dalam Menentukan Ide Pokok dan Ide Penjelas pada Paragraf Argumentasi untuk Siswa Kelas 4 SD Negeri 3 Tukadsumaga. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031205-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031205-ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031205-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (372kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031205-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031205-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031205-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031205-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031205-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031205-LAMPIRAN.pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun e-book interaktif sebagai media pembelajaran untuk materi ide pokok dan ide penjelas pada paragraf argumentasi bagi siswa kelas 4 SD, (2) menganalisis tingkat kelayakan e-book interaktif sebagai media pembelajaran berdasarkan validasi ahli, (3) menganalisis tingkat kepraktisan penggunaan e-book interaktif berdasarkan uji coba di kelas, dan (4) menganalisis efektivitas penggunaan e-book interaktif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi ide pokok dan ide penjelas pada paragraf argumentasi. Penelitian pengembangan ini menerapkan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap, antara lain: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Pengumpulan data dalam penelitian ini menerapkan metode kuesioner, observasi, wawancara, dan tes pilihan ganda. Penelitian ini menerapkan desain pre eksperimen, one shot case study. Hasil penelitian mengungkapkan: (1) penelitian ini telah berhasil menciptakan sebuah e-book interaktif materi ide pokok dan ide penjelas dalam paragraf argumentasi untuk siswa kelas 4 SD Negeri 3 Tukadsumaga; (2) kelayakan e-book interaktif termasuk ke dalam kualifikasi sangat baik, berdasarkan pada hasil validasi ahli media diperoleh rata-rata skor sebesar 4,85 dan kelayakan e-book interaktif berdasarkan pada hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata skor sebesar 4,83; (3) tingkat kepraktisan e-book interaktif termasuk ke dalam kualifikasi sangat baik, berdasarkan penilaian kepraktisan oleh praktisi/guru diperoleh rata-rata skor sebesar 4,8 dan penilaian kepraktisan oleh siswa diperoleh rata-rata skor sebesar 4,43; dan (4) hasil uji efektivitas menunjukkan e-book interaktif efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman siswa kelas 4 terhadap materi materi ide pokok dan ide penjelas dalam paragraf argumentasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: e-book interaktif, ide pokok dan ide penjelas, paragraf argumentasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Sukma Swari
Date Deposited: 22 Jul 2025 02:46
Last Modified: 22 Jul 2025 02:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25771

Actions (login required)

View Item View Item