Swari, Ni Kadek Sukma (2025) Pengembangan E-Book Interaktif sebagai Media Pembelajaran dalam Menentukan Ide Pokok dan Ide Penjelas pada Paragraf Argumentasi untuk Siswa Kelas 4 SD Negeri 3 Tukadsumaga. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031205-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031205-ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031205-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (372kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031205-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031205-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (594kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031205-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031205-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031205-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (464kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031205-LAMPIRAN.pdf Download (17MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun e-book interaktif sebagai media pembelajaran untuk materi ide pokok dan ide penjelas pada paragraf argumentasi bagi siswa kelas 4 SD, (2) menganalisis tingkat kelayakan e-book interaktif sebagai media pembelajaran berdasarkan validasi ahli, (3) menganalisis tingkat kepraktisan penggunaan e-book interaktif berdasarkan uji coba di kelas, dan (4) menganalisis efektivitas penggunaan e-book interaktif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi ide pokok dan ide penjelas pada paragraf argumentasi. Penelitian pengembangan ini menerapkan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap, antara lain: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Pengumpulan data dalam penelitian ini menerapkan metode kuesioner, observasi, wawancara, dan tes pilihan ganda. Penelitian ini menerapkan desain pre eksperimen, one shot case study. Hasil penelitian mengungkapkan: (1) penelitian ini telah berhasil menciptakan sebuah e-book interaktif materi ide pokok dan ide penjelas dalam paragraf argumentasi untuk siswa kelas 4 SD Negeri 3 Tukadsumaga; (2) kelayakan e-book interaktif termasuk ke dalam kualifikasi sangat baik, berdasarkan pada hasil validasi ahli media diperoleh rata-rata skor sebesar 4,85 dan kelayakan e-book interaktif berdasarkan pada hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata skor sebesar 4,83; (3) tingkat kepraktisan e-book interaktif termasuk ke dalam kualifikasi sangat baik, berdasarkan penilaian kepraktisan oleh praktisi/guru diperoleh rata-rata skor sebesar 4,8 dan penilaian kepraktisan oleh siswa diperoleh rata-rata skor sebesar 4,43; dan (4) hasil uji efektivitas menunjukkan e-book interaktif efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman siswa kelas 4 terhadap materi materi ide pokok dan ide penjelas dalam paragraf argumentasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-book interaktif, ide pokok dan ide penjelas, paragraf argumentasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Sukma Swari |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 02:46 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 02:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25771 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |