MAHAYANI, PUTU INTAN SUKMA (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERBASIS KOMPETISI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI CERITA TENTANG DAERAHKU DI SD NEGERI 2 BUGBUG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031030-COVER.pdf Download (528kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031030-ABSTRAK.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (558kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (731kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031030-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031030-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031030-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan yang ditemukan dalam proses pembelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri 2 Bugbug adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh kurangnya variasi media pembelajaran dan metode yang digunakan masih berpusat pada guru, sehingga siswa kurang aktif dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran puzzle berbasis kompetisi yang valid, praktis, dan efektif guna meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Cerita tentang Daerahku. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian terdiri atas ahli media, ahli materi, guru sebagai praktisi, serta 20 siswa kelas IV sebagai subjek uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur validitas dan kepraktisan, serta tes hasil belajar untuk mengukur efektivitas media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media puzzle berbasis kompetisi memenuhi kriteria sangat valid, sangat praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Dengan demikian, media ini dapat menjadi alternatif inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran1, puzzle2, kompetisi3, hasil belajar4, IPAS5 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Intan Sukma Mahayani |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 06:50 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 06:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25788 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |