Sudana, I Made (2025) EVALUASI SISTEM E-RAPOR PADA SMP NEGERI DI KECAMATAN SIDEMEN KABUPATEN KARANGASEM. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329031021-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329031021-ABSTRAK.pdf Download (615kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329031021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (656kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329031021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329031021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (922kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329031021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (895kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329031021-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329031021-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (638kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329031021-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Sudana, I Made (2025), Evaluasi Sistem E-Rapor Pada SMP Negeri di Kecamatan Sidemen Kabupaten Karangasem. Tesis, Program Administrasi Pendidikan, Fakultas Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Made Yudana, M. Pd. dan Pembimbing II: Dr. Basilius Redan Werang, S.S., S.Sos., JCL Kata-kata kunci: sistem E-rapor, evaluasi program, CIPP. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara terpisah maupun bersama-sama komponen context, input, process, product serta kendala-kendala yang terjadi dalam pelaksaanan sistem E-rapor pada SMP Negeri di Kecamatan Sidemen Kabupaten Karangasem. Penelitian ini menggunakan model CIPP. Jumlah populasi penelitian sebanyak 100 orang, yang terdiri dari keseluruhan guru di empat SMP Negeri di Kecamatan Sidemen yaitu SMP Negeri 1 Sidemen, SMP Negeri 2 Sidemen, SMP Negeri 3 Sidemen dan SMP Negeri Satu Atap Sangkan Gunung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 94 guru. Data pada setiap variabel dalam penelitian ini diperoleh melalui kuisioner yang mengacu pada skala likert 1-4. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Efektivitas sistem E-rapor ditentukan dengan mengubah skor mentah menjadi Z-skor, kemudian ditransformasikan menjadi T-skor serta diverifikasi ke dalam Kuadran Glickman. Hasil pengolahan data menunjukkan 1) Efektifitas penerapan sistem Erapor ditinjau dari context diperoleh hasil efektif (+); 2) Efektifitas penerapan sistem E-rapor ditinjau dari input diperoleh hasil efektif (+); 3) Efektifitas penerapan sistem E-rapor ditinjau dari process diperoleh hasil efektif (+); 4) Efektifitas penerapan sistem E-rapor ditinjau dari product diperoleh hasil tidak efektif (-); 5) Hasil analisis data secara bersama-sama terhadap penerapan sistem E-rapor ditinjau dari context, input, process, product diperoleh hasil efektif (+ + + -). Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program sistem E-rapor yaitu pengelola bukan berasal dari sekolah tempat mengajar atau masih berstatus tenaga honorer, keterbatasan kemampuan pendidik, anggaran yang masih terbatas, kurangnya sosialisasi pedoman sistem E-rapor, dan terbatasnya kapasitas server untuk pengguna dalam sistem E-rapor.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sistem E-rapor, evaluasi program, CIPP. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | I Made Sudana |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 02:43 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 02:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25809 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |