Dewi, Ni Putu Desy Arnila (2025) PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PELAJARAN IPAS MATERI AKU DAN KEBUTUHANKU KELAS IV DI SD NEGERI 1 SESETAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2011031196_COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2011031196_ABSTRAK.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031196_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031196_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031196_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031196_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031196_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031196_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2011031196_LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PELAJARAN IPAS MATERI AKU DAN KEBUTUHANKU KELAS IV DI SD NEGERI 1 SESETAN Oleh Ni Putu Desy Arnila Dewi, NIM 2011031196 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui rancang bangun E-Book berbasis Problem Based Learning pada pelajaran IPAS materi aku dan kebutuhanku, (2) Untuk mengetahui kelayakan E-Book berbasis Problem Based Learning pada pelajaran IPAS materi aku dan kebutuhanku, (3) Untuk mengetahui efektivitas E-Book berbasis Problem Based Learning pada pelajaran IPAS materi aku dan kebutuhanku kelas IV SD Negeri 1 Sesetan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data dilaksanakan melalui metode tes berupa soal pilihan ganda untuk menilai hasil belajar siswa pada materi Aku dan kebutuhanku yang merupakan kebutuhan dasar manusia. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) rancang bangun E-Book berbasis Problem Based Learning berdasarkan hasil penilaian ahli rancang bangun sebesar 90,90% yang dikategorikan sangat layak, (2) E-Book berbasis Problem Based Learning ini dinyatakan sangat layak berdasarkan hasil penilaian ahli isi pembelajaran sebesar 91,66% yang dikategorikan sangat layak, penilaian ahli desain pembelajaran sebesar 90% yang dikategorikan sangat layak, penilaian ahli media pembelajaran sebesar 90% dikategorikan sangat layak,uji coba perorangan sebesar 93,17%. yang dikategorikan sangat layak, dan uji coba kelompok kecil sebesar 93,68%. yang dikategorikan sangat layak, (3) berdasarkan uji t sample dependent diperoleh nilai thitung = 24,029 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dan dk = n1 – 1 = 30 – 1 = 29 diperoleh nilai ttabel = 2,002. Hasil tersebut menunjukkan thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa E-Book berbasis Problem Based Learning efektif diterapkan pada pada pelajaran IPAS materi aku dan kebutuhanku siswa kelas IVA SD Negeri 1 Sesetan. Kata Kunci: pengembangan, E-Book,Problem Based Learning,pelajaran IPAS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, E-Book,Problem Based Learning,pelajaran IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI PUTU DESY ARNILA DEWI |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 02:18 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 02:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25913 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |