PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS VIII

Aldalia, Merin Ika Nur (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS VIII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011049-COVER.pdf

Download (926kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011049-ABSTRAK.pdf

Download (339kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011049-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (350kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011049-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011049-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011049-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011049-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011049-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011049-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri 3 Singaraja yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan E-LKPD pada kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling, dengan kelas VIII A (32 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B (33 siswa) sebagai kelompok kontrol. Data pemahaman konsep matematika siswa diperoleh melalui tes berupa soal uraian yang diberikan kepada kedua kelompok sampel di akhir penelitian. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan uji Independent Sample T-tes satu ekor dengan taraf signifikansi 5% . Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata skor posttest pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen sebesar 72,84, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 46,61. Selanjutnya, hasil analisis inferensial menunjukkan nilai t_{hitung}=5,826\ (p<0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri 3 Singaraja yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan E-LKPD lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, E-LKPD, Pemahaman konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Merin Ika Nur Aldalia
Date Deposited: 24 Jul 2025 01:59
Last Modified: 24 Jul 2025 01:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25925

Actions (login required)

View Item View Item