Ayatullah, Hafid (2025) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Gerak Fundamental Berbasis Articulate Storyline Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329121002-COVER.pdf Download (599kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329121002-ABSTRAK.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329121002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (389kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329121002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329121002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (933kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329121002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (693kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329121002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329121002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (499kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329121002-LAMPIRAN.pdf Download (961kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran Gerak fundamental yaitu lokomotor, nonlokomotor dan manipulatif, menggunakan teknologi Articulate Storyline, sebagai salah satu media untuk mempermudah dan memberikan daya tarik tersendiri dalam pemahaman materi gerak fundamental. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R & D). Pengembangan media pembelajaran gerak fundamental menggunakan teknologi Articulate Storyline ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu tahap Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (pengembangan), Impementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Pada model ini dilakukan proses evaluasi disetiap tahap-tahap yang dilalui sehingga menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Langkah-langka yang digunakan untuk memecahkan masalah yang nantinya akan digunakan untuk mengembangkan suatu produk, yaitu media pembelajaran aplikasi tentang gerak fundamental. Pengembangan ini menghasilkan aplikasi gerak dasar berbasis Articulate Storyline yang digunakan pada perangkat mobile yang berjalan pada sistem operasi Android. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan aplikasi Articulate Storyline Gerak Fundamental termasuk kedalam kriteria sangat baik. Hasil yang diperoleh berdasarkan uji ahli isi dan uji ahli media di proses dengan Teknik Gregory dengan rata-rata hasil perhitungan 1.00 jika dikonversi ke dalam tabel tingkat pencapaian kriteria validitas ahli termasuk sangat tinggi, kemudian uji kepraktisan media mendapat rata-rata nilai seluruh responden sebesar 5.0 sehingga media ini sangat praktis meningkatkan keterampilan teknik gerak fundamental. selanjutnya uji efektifitas media mendapat rata-rata nilai peserta didik sebesar 90 dengan persentase ketuntasan peserta didik sebesar 100% artinya media ini sangat efektif meningkatkan keterampilan gerak fundamental. Dalam penggunaan aplikasi dalam kegiatan pembelajaran perlu memperhatikan pendekatan dan pendalaman materi, sehingga suasana pembelajaran menjadi lebih kondusif dan adanya perubahan pemahaman serta tujuan dari pembelajaran dapat tercapai. Berdasarkan simpulan, maka dapat disarankan media pembelajaran menggunakan articulate storyline pada mata pelajaran olahraga materi gerak fundamental dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Articulate Storyline, media pembelajaran, Gerak fundamental |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Olahraga (S2) |
Depositing User: | Hafid Ayatullah |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 21:20 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 21:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25930 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |