Dewi, Ni Putu Nia Cipta (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL FLIPPED MASTERY BERBANTUAN E-LKPD INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MENGWI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113011075-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113011075-ABSTRAK.pdf Download (425kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011075-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (412kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011075-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (635kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011075-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011075-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011075-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011075-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113011075-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pemahaman konsep merupakan dasar penting dalam pembelajaran matematika karena dapat menjadi penunjang penguasaan materi secara menyeluruh, namun kenyataanya kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika masih tergoIong rendah. PeneIitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan modeI pembeIajaran Flipped Mastery berbantuan E-LKPD Interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Mengwi. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain Posttest-OnIy ControI Group Design. PopuIasi peneIitian adalah seIuruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Mengwi pada Tahun Ajaran 2024/2025 sebanyak 334 siswa. SampeI diambil menggunakan teknik cIuster random sampIing, dengan total 62 siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII H sebanyak 31 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII F sebanyak 31 siswa sebagai kelompok kontroI. Data kemampuan pemahaman konsep dikumpuIkan meIaIui tes uraian yang telah melalui proses validasi dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor post-test pada kelompok eksperimen adalah 72,09, sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 65,77. Rata-rata skor post-test kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di kelompok eksperimen Iebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontroI. Uji hipotesis pada taraf signifikan 5% menghasiIkan nilai signifikansi sebesar 0.014, di mana 0.014 < 0.05, sehingga H_0 ditoIak dan H_1 diterima. Dengan demikian, penerapan modeI pembeIajaran flipped mastery berbantuan E-LKPD Interaktif berpengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flipped Mastery, E-LKPD Interaktif, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Nia Cipta Dewi |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 03:44 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 03:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25948 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |